Profile
Menstruasi

6 Cara Hindari Kembung Saat PMS

 6 Cara Hindari Kembung Saat PMS

Kembung, badan menggemuk, perut membuncit dan payudara sakit dan membengkak adalah gejala umum yang dialami wanita menjelang menstruasi. Bahkan, menurut Diana Bitner, M.D.,  dokter kebidanan dan kandungan di Michigan, lebih dari 70 persen wanita mengeluh kembung dan seluruh atau sebagian badan membesar pada periode itu. Tapi untunglah, ada cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kekembungan tersebut. Simak solusinya di sini.

Makan Makanan Kaya Protein dan Kalium

"Makanan tinggi kalium seperti pisang, melon, tomat, dan asparagus membantu menjaga keseimbangan  cairan," kata Isabel Smith, R.D., ahli diet dan kebugaran selebriti di New York. "Hal yang sama berlaku untuk lemak sehat seperti chia, kacang-kacangan, dan salmon. Makanan-makanan ini membantu menurunkan kadar prostaglandin, kelompok hormon yang menyebabkan kembung dan kontraksi otot."

Anda juga perlu mengonsumsi protein seperti ayam, ikan, dan tahu. Plus, makanan yang bertindak sebagai diuretik alami seperti seledri, mentimun, semangka, jus lemon, bawang putih, dan jahe. Semua itu akan membuat Anda merasa lebih ringan beraktivitas bahkan di saat haid,  kata Sherry Ross, MD, dokter kebidanan dan kandungan dan ahli kesehatan wanita di  Providence Saint John’s Health Center, Santa Monica.

Hindari makanan yang memicu gas

Misalnya brokoli, kubis dan kol. Mereka adalah sayuran yang sehat dan bernutrisi tapi mengandung gula kompleks yang disebut rafinosa. Tubuh kita tak terlalu bisa mencernanya, karena itulah mereka menghasilkan gas berlebih di dalam sistem pencernaan dan membuat perut terasa dan terlihat kembung.

Tetap berolahraga

Para ahli berkata bahwa olahraga adalah salah satu cara terbaik redakan gejala PMS, termasuk kembung. "Orang-orang yang kurang aktif secara fisik cenderung memiliki sistem pencernaan yang lebih lamban," kata Ross. Olahraga juga dapat membantu Anda BAB teratur dan mengurangi risiko sembelit yang bisa membuat perut kembung.

Kurangi kafein dan alkohol

Alkohol dapat meningkatkan gejala PMS seperti payudara membengkak, suasana hati kacau dan kembung," kata Bitner. "Selain itu, kopi dapat mengiritasi perut dan menyebabkan   dehidrasi, yang membuat tubuh Anda lebih menahan air sehingga terlihat lebih gemuk.

Hindari minuman berkarbonasi dan manis

Menenggak minuman bersoda mungkin membuat Anda merasa lebih baik untuk sementara, tapi sebetulnya minuman bersoda akan membuat Anda kembung, kata Smith. Hal yang sama berlaku untuk minuman manis. Sebaiknya, minum air putih atau infused water setidaknya delapan gelas sehari untuk menghindari kembung.

Pertimbangkan pil KB

kontrasepsi oral tidak hanya dapat diandalkan untuk mencegah kehamilan tapi juga secara signifikan mengurangi gejala PMS yang menyakitkan dan menstabilkan hormon. Penelitian medis telah menunjukkan bahwa pil KB atau kontrasepsi oral bisa  menurunkan efek PMS lebih dari 50 persen.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Diet ketogenik adalah diet yang memperbanyak konsumsi lemak dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan protein. Ada kelebihan dan kekurangand dari diet ini. Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik? Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar