Profile
Migrain

6 Langkah Simpel Mencegah Migrain Kambuh

6 Langkah Simpel Mencegah Migrain Kambuh

Migrain atau sakit kepala sebelah yang sering disertai dengan visual aura, menimbulkan nyeri yang sama dengan ketika kita mendapat cidera. Mengetahui cara mengendalikan migrain dengan modifikasi pola hidup dan perilaku, seringkali terbukti efektif untuk mencegah migrain. 

1. Usahakan berada di lingkungan yang tenang dan nyaman
Ketika gejala migrain mulai muncul, usahakan bisa menyingkir dulu ke tempat yang tidak bising. 

- Matikan lampu. Migrain bisa meningkatkan sensitivitas penderitanya terhadap cahaya dan suara.
- Aplikasikan terapi temperatur. Kompres kepala dan leher belakang dengan air panas atau es batu. 

2. Tidur cukup dan berkualitas
Tetapkan waktu tidur yang sama setiap harinya, minimal tujuh di waktu malam dan lebih dari 30 menit untuk tidur siang. Ruangan yang nyaman dan bersih serta bebas distraksi akan membantu Anda tidur lebih cepat. Hindari makan terlalu berat, kafein, nikotin dan alkohol sebelum tidur.

3. Makanlah dengan bijak
Konsistenlah terhadap waktu makan setiap hari. Perut yang lapar bisa memicu migrain kambuh. Catat apa saja yang Anda makan untuk menemukan jenis makanan apa yang bisa membuat migrain Anda kambuh. Hindari makanan tersebut. 

4. Rutin berolahraga
Saat berolahraga, tubuh akan melepas senyawa tertentu yang menghalangi rasa sakit ke otak. Senyawa ini juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat migrain lebih buruk. Obesitas juga meningkatkan risiko sakit kepala kronis. Pertahankan berat badan yang sehat melalui olahraga dan diet sehat. Ini dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengelola migrain. Jika dokter Anda setuju, pilihlah jenis  latihan yang Anda sukai. Berjalan, berenang dan bersepeda sering pilihan yang baik. Mulai dengan perlahan-lahan, jangan melebihi batas kemampuan Anda. Berolahraga terlalu keras dapat memicu migrain.


5. Atasi stres
Stres dan migrain seringkali saling terkait satu sama lain. Anda tak selalu bisa menghindari stres, tak ada seorangpun yang bisa. Tapi, menjaga agar kadar stres tetap dalam batas yang samggup Anda tangani akan membantu mencegah migrain kambuh. Coba cara ini untuk mengurangi stres :

- Sederhanakan hidup Anda. Daripada mencari cara untuk bisa mengerjakan sebanyak-banyaknya tugas dan aktivitas, lebih baik memcari cara untuk mengurangi atau mendelegasikannya.

- Kelola waktu Anda dengan bijaksana. Buatlah daftar harian berisi tugas-tugas yang harus Anda lakukan. Delegasikan apa yang bisa didelegasikan dan kerjakan proyek besar secara bertahap, bukan sekaligus.

- Istirahatlah. Jika Anda merasa kewalahan, gerakan peregangan yang sederhana atau keluar ruangan sebentar untuk berjalan-jalan  dapat memperbaharui energi Anda.

- Tetap positif. Jika Anda menemukan diri Anda berpikir, "Ini tidak bisa dilakukan,", segera alihkan perhatian. Berpikirlah dengan cara sebaliknya, "Ini akan sulit. Tapi aku bisa mengerjakannya."

- Luangkan waktu untuk diri sendiri Cari waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai selama minimal 15 menit setiap hari. Entah itu bermain game, Hal minum kopi tanpa melakukan apapun atau bercanda dengan teman.

- Rileksasi. Pernapasan diafragma yang dalam dan teratur dapat membantu Anda rileks. Fokuskan pikiran pada napas pada menghirup dan menghembuskan napas setidaknya 10 menit setiap hari. Setelah selesai, duduk diam selama satu atau dua menit.


6. Buat catatan harian migrain
Catatan harian dapat membantu Anda menemukan faktor pemicu migrain. Catat kapan gejala migrain kambuh, apa yang Anda lakukan saat itu, berapa lama serangan sakit berlangsung, dan apa yang meredakannya.

Menghindari faktor pemicu, plus modifikasi perilaku, seperti mengidentifikasi dan menghindari pikiran negatif, pelatihan rileksasi dan mengurangi stres, adalah cara terbaik mencegah serangan migrain. (LT)

Ditinjau oleh: dr. Nita

Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar