x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Diabetes

Aturan Makan Diabetes


Jika Anda menderita diabetes, terutama diabetes tipe 2, Anda diwajibkan untuk mengatur jadwal dan porsi makan dengan baik, sehingga kadar gula darah Anda dapat terjaga.

Caranya?

Batasi porsi makan Anda.
Penderita diabetes tipe 2, umumnya juga menderita obesitas, dengan membatasi porsi makan, dapat membantu menurunkan berat badan Anda dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes yang lebih berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Hasil dari sebuah penelitian, penderita diabetes yang tertib menjalankan diet, merasakan tubuhnya menjadi lebih sehat.

Patuh pada jadwal makan.
Karena jika Anda melewatkan jadwal makan, selanjutnya Anda akan makan dalam porsi yang lebih besar lagi untuk menutupi rasa lapar tersebut. Makanlah tiga kali sehari, ditambah dengan satu kali camilan. Hindari perut Anda kosong selama lebih dari lima jam.

Takar makanan Anda.
Jika Anda makan di restoran, sebelum Anda memesan menu utama, makanlah menu sayuran lebih dulu sampai Anda merasa cukup kenyang. Kemudian makan menu utama, cukup setengah dari porsi yang disediakan saja.

Ganti camilan Anda.
Jika sebelumnya Anda gemar mengonsumsi biskuit manis, segera ganti kebiasaan tersebut. Contoh camilan yang baik ialah popcorn tanpa rasa, tujuh belas butir anggur ukuran kecil, yogurt atau buah (seukuran bola tenis, misalnya apel atau pear dengan kulitnya). Camilan kaya serat ini dapat di konsumsi sebelum tidur untuk menghindari perut kosong dalam waktu lama.

in partnership with