Diabetes

Camilan Untuk Diabetes


Penderita diabetes seringkali terlalu berusaha menjaga kadar gula darahnya, sehingga yang dilakukan adalah menghindari camilan. Merupakan sebuah konsep yang keliru ketika para diabetisi (penderita diabetes) lebih memilih untuk menahan rasa laparnya daripada mengonsumsi snack di sela-sela jadwal makan utama.

Saat perut Anda mulai terasa ‘keroncongan’, segera ‘ganjal’ perut Anda untuk mencegah kadar gula darah turun. menyerupai saat sedang makan sungguhan, camilan yang baik juga sebaiknya terdiri dari kombinasi lemak, serat, karbohidrat dan protein. Nah, apa saja contoh camilan yang baik dan sehat untuk penderita diabetes?

Berikut beberapa snack atau camilan yang dengan takaran yang pas dapat membantu para penderita diabetes menanggulangi rasa laparnya:

  • Biskuit gandum.
    Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, snack dari gandum dapat mempertahankan rasa kenyang relatif lebih lama. Temukan tulisan ‘whole-wheat flour’ atau 'tepung gandum utuh' pada kemasan. Konsumsi sekitar dua buah saja, untuk menambah rasa, dapat Anda tambahkan seperempat cup selai anggur. 
  • Buah segar.
    Buah mengandung nutrisi dan serat yang sangat penting untuk diet, namum porsinya harus tetap diperhatikan karena buah mengandung gula alami. Buah yang baik untuk penderita diabetes adalah berries, melon dan apel (cukup setengahnya saja). Tambahkan seperempat irisan keju, proteinnya berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan memberi tambahan kalsium.
  • Serat dan mineral alami.
    Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol, banyak ditemukan dalam sayuran seperti tomat, black bean, paprika hijau dan alpukat. Boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan ekstra mineral. Jadi Salad untuk snack di sore hari?
  • Yoghurt.
    Mirip dengan keju, yoghurt sangat baik untuk mestabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium.  

Biasanya saat sedang mengonsumsi camilan, seringkali Anda turut membawa minuman ringan, misalnya soda. Kebiasaan mengonsumsi soda selayaknya dihentikan. Minuman bersoda menjadi tidak sehat dikarenakan kandungan gulanya yang seringkali diatas batas yang diperbolehkan, hal ini tentunya akan memparah kondisi Anda.
 

Jadi ada baiknya bagi para pasien diabetes untuk menyimpan camilan sehat seperti diatas, di rumah maupun untuk dibawa dalam tas. Selain dapat mengatasi lapar, sehat dan juga enak, bukan?

in partnership with