x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Ear, Nose & Throat

Cara Menjaga Suara


Memiliki suara indah dan dinikmati banyak orang tak hanya dapat dimiliki para penyanyi dan presenter ternama. Semua orang juga berhak memilikinya. Dengan memperhatikan dan mengikuti beberapa tips berikut, dipastikan Anda dapat menjaga kesehatan dan keindahan suara.

  • Dengarkan suara
    Suara serak dapat menjadi indikasi dari gejala sederhana seperti radang tenggorokan atau serius seperti kanker laring. Jika suara serak Anda berlangsung lebih dari beberapa minggu, terutama jika Anda merokok, segera periksakan ke dokter THT.
  • Berhenti selamanya
    Rokok, nikotin, bahan-bahan kimia, dan inhaler dapat menimbulkan peradangan, pembengkakan dan menyebabkan kanker pada tenggorokan, mulut, hidung, serta paru-paru.
  • Hindari konsumsi alkohol
    Mengonsumsi alkohol dan kafein dapat membuat efek dehidrasi yang mampu merenggangkan lipatan suara Anda. Perbanyaklah minum air putih setiap hari. 
  • Kurangi volume
    Kurangi berteriak dengan sangat keras dan berbicara dengan volume yang besar karena kegiatan ini dapat merenggangkan pita suara Anda dan merusaknya.
  • Lakukan pemanasan
    Selalu lakukan pemanasan sebelum bernyanyi, mengajar, atau menyampaikan pidato. Perenggangan leher dan bahu, humming atau bermain suara dari nada rendah ke nada tinggi dengan menggunakan suara vokal yang berbeda dapat Anda lakukan guna mendapatkan suara yang maksimal.  Lip trills dan tounge trills juga dapat menjadi referensi pemanasan lain di waktu senggang.
  • Dapatkan bantuan untuk reflux
    Asam yang berasal dari perut ke tenggorokan dapat merusak pita suara. Tanda-tanda asam reflux dapat berupa seringnya mulas, rasa tidak sedap pada mulut di pagi hari, kembung dan sering bersendawa, benjolan di bagian belakang tenggorokan, dan suara serak yang tak kunjung pulih. Jika hal tersebut terjadi, segera konsultasikan kepada spesialis Gastrointestinal (GI) untuk membantu.
  • Jangan memaksa
    Ketika serak Anda berasal dari laringitis, pilek, atau flu, Anda tidak perlu ambil pusing. Hindari berbicara keras atau panjang. Tetaplah menjaga suara Anda dan bahkan saat Anda bernyanyi hingga Anda merasa benar-benar lebih baik. Hindari membersihkan tenggorokan dan batuk yang keras serta sering ketika Anda terserang postnasal drip atau pilek. Sebaliknya, cobalah minum air atau obat batuk.
  • Beristirahatlah
    Jika Anda telah melakukan banyak aktivitas yang membutuhkan tenaga untuk bersuara terlalu sering dan besar, biarkan diri Anda beristirahat.
in partnership with