Profile
Bayi

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Menanti 10 bulan masa kehamilan bukanlah waktu yang singkat, terlebih setelah itu pun, Anda harus mempersiapkan diri menghadapi persalinan dan belajar langsung cara merawat bayi baru lahir. Pengalaman merawat bayi bisa menjadi hal yang menakutkan bagi Ibu, terutama bila ini adalah pengalaman pertamanya merawat bayi . Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengurus bayi :

•    Cuci tangan Anda
Sebelum menyentuh bayi sebaiknya Anda membersihkan tangan, baik dengan sabun atau hand sanitizer. Pasalnya, bayi yang baru saja lahir belum memiliki sistem imun tubuh yang kuat, sehingga rentan terhadap infeksi. Kebiasaan ini juga perlu Anda ingatkan bagi siapa aja yang akan menyentuh bayi Anda, suami, pengasuh, orangtua, ataupun saudara yang datang berkunjung untuk melihat bayi Anda. 

•    Hati-hati saat memegang kepala dan leher bayi
Memegang kepala dan leher harus dalam satu tangan, karena leher bayi masih sangat lemah. Organ tubuh bayi belum terbentuk sempurna, termasuk leher dan kepalanya.

•    Jangan pernah mengguncang bayi 
Ini sangat dilarang dilakukan pada bayi, baik dalam bermain maupun bercanda. Getaran yang kuat pada bayi, dapat menyebabkan pembuluh darah di otak pecah dan menimbulkan pendarahan di otak, hingga menyebabkan kematian. 

•    Pastikan bayi Anda terpasang erat pada stroller ataupun kursi mobil (car seat). Ini bertujuan untuk menjaga dan membatasi bayi dari aktivitas dengan guncangan yang terlalu kencang. 


Nah, berikut empat hal dasar lainnya dalam merawat bayi yang baru lahir:

•    Sering mengganti popok bayi, serta sering-seringlah mengontrol apakah bayi ngompol atau buang air besar.

•    Memandikan bayi dan merawat tali pusat secara rutin.

•    Membungkus atau bedong bayi dapat membantu menjaga kehangatan si kecil. Namun, hindari membungkus bayi terlalu kencang. Karena, bisa menyebabkan bayi sulit bergerak dan bernapas. Selain itu, membungkus bayi sebaiknya hanya dilakukan sesekali, misalnya saat cuaca dingin. Terlalu sering membungkus bayi, akan menyebabkan perkembangan motoriknya terhambat.


•    Biasakan menyendawakan bayi setelah menyusu. Ini untuk menghindari bayi muntah, sekaligus untuk mengeluarkan udara yang ikut masuk saat sedang menyusu.
Selain itu, sebelum Anda meninggalkan rumah sakit ada baiknya untuk bertanya kepada perawat atau dokter mengenai keadaan bayi Anda. Tanyakan apapun yang ingin Anda ketahui, mulai dari cara menyusui yang baik, keadaan bayi, imunisasi, dan lainnya. Perawatan bayi yang baik, akan membantunya tumbuh dan berkembang secara optimal. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

 

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Setiap usia mempunyai kepentingan dan prioritas berbeda agar tubuh tetap sehat. Pilihan Makanan Sehat Sesuai Umur Anda Kebanyakan keluhan memang tidak menandakan adanya penyakit serius. Tapi ada beberapa keluhan yang sebaiknya tidak diabaikan. 6 Keluhan yang Tidak Boleh Diabaikan