Profile
Diare

Diare? Obati Dengan Ini

Diare? Obati Dengan Ini

Diare adalah meningkatnya frekuensi buang air besar lebih dari 3 kali sehari, dengan konsistensi BAB yang cair atau lebih encer daripada biasanya. Pada dasarnya, diare merupakan salah satu cara tubuh membuang bakteri jahat yang terdapat di dalam tubuh. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya diare diantaranya:

•    Keracunan makanan
•    Makanan tidak bersih
•    Infeksi virus
•    Air yang terkontaminasi
•    Flu
•    Antibiotik
•    Beberapa jenis operasi
•    Penyakit pencernaan lainnya.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diare yang dialami. Diantaranya:

1.    Hindari makanan tertentu
Mencermati apa yang kita konsumsi adalah hal yang perlu diperhatikan saat terserang diare. Nah, beberapa asupan yang harus dihindari selama diare antara lain alkohol, susu, soda, dan minuman berkarbonasi atau mengandung kafein lainnya yang bisa memperburuk pencernaan.  Selain itu, makanan yang digoreng pun harus Anda hindari. 

Buah-buahan dan sayuran yang dapat meningkatkan kadar gas dalam usus seperti brokoli, kacang, kacang polong, jagung, lada hitam, dan produk olahan susu, sebaiknya tidak dikonsumsi selama diare. 


2.    Obat yang beredar di pasaran
Beberapa jenis obat yang beredar di pasaran, dapat membantu mengatasi diare yang Anda alami. Obat yang mengandung bismuth subsalicylat, attapulgit, dan loperamide terbukti efektif dalam mengatasi keluhan diare. Meskipun demikian, konsumsi obat tersebut sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter. Hal yang perlu Anda perhatikan saat diare adalah memastikan kecukupan cairan penggantinya, terlebih pada anak. Tubuh anak sebagian besar tersusun dari cairan, itulah sebabnya dehidrasi lebih mudah terjadi pada anak dan komplikasinya akan lebih fatal bila dibandingkan dengan orang dewasa. 

3.   Saccharomyces Boulardii 
Saccharomyces Boulardii (S. boulardii) adalah jenis ragi yang dapat memperbaiki fungsi usus Anda.  S. boulardii  sangat efektif dibandingkan antibiotik lainnya dalam mengatasi diare. Selain dapat membantu usus Anda melawan patogen yang tidak diinginkan, ragi tersebut juga dapat memperbaiki penyerapan nutrisi dalam usus. 


4.    Akupunktur
Akupunktur mungkin bukan pertolongan pertama yang Anda cari saat mengalami diare. Namun, para ilmuwan Cina telah menemukan dampak positif dari penggunaan akupunktur untuk mengatasi diare akut pada anak. Akupunktur pun dapat Anda gunakan bersama dengan obat-obatan yang diberikan oleh dokter. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

 

Anda punya pertanyaan seputar Diare ?
Ask Doctor
Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput Croup adalah suatu kondisi pembengkakan dan iritasi saluran napas atas. Kenali gejala dan cara pengobatannya. Mengenal Batuk Croup pada Anak-Anak