Profile
Kesehatan Seksual

Inilah Manfaat Berhubungan Intim yang Tak Terduga

Inilah Manfaat Berhubungan Intim yang Tak Terduga

Apa tujuan Anda dan pasangan berhubungan badan ? Banyak pasangan suami istri yang beranggapan bahwa berhubungan badan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keturunan atau hanya memuaskan kebutuhan batin. Namun, tidak banyak orang tahu, jika berhubungan badan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dan, manfaat ini berlaku bagi Anda dan pasangan, lho!  

Berikut ini beberapa manfaat berhubungan intim yang tak terduga!

  • Membuat awet muda

Kebahagiaan saat berhubungan badan akan memberikan "bonus" bagi penampilan Anda. Pada konferensi kesehatan tahun 2013 yang diadakan oleh British Psychological Society, Psikolog Dr David Weeks dari Royal Edinburgh Hospital, Inggris, menguraikan hasil penelitiannya. Menurut Weeks, pria dan wanita yang memiliki kehidupan seksual yang aktif alias rajin berhubungan badan akan terlihat jauh lebih muda


"Pasangan yang memiliki kehidupan seks memuaskan akan tampak lebih muda sekitar 5 - 7 tahun daripada usia sebenarnya sebab kepuasan seksual adalah penyumbang utama kualitas hidup”, ungkap Weeks.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Para peneliti dari Wikes University di Wikes-Barre University, Pennsylvania, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa melakukan hubungan badan yang dilakukan sekali atau dua kali seminggu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Oleh karena itu, Anda dan pasangan pun akan terhindar dari penyakit seperti flu atau pilek

  • Mencegah serangan jantung

Pada tahun 2010, para ilmuwan di New England Research Institute di Massachusetts, Amerika Serikat, merilis penelitian yang telah dilakukan selama 16 tahun. Hasil penelitian  yang dilakukan kepada seribu pria tersebut diterbitkan oleh American Journal of Cardiology. Hasilnya adalah pria yang berhubungan badan minimal dua kali dalam seminggu mempunyai risiko lebih kecil terkena serangan jantung daripada pria yang jarang berhubungan badan. 


Salah satu alasannya adalah melakukan hubungan badan membuat stres berkurang. Dan, seperti yang kita ketahui, stres adalah salah satu faktor risiko serangan jantung. Alasan lainnya adalah berhubungan badan membuat detak jantung Anda terpompa lebih lancar dan menyeimbangkan kadar estrogen dan testosteron yang akan menjaga kesehatan jantung.

  • Menajamkan fungsi otak

Pada Maret 2013, para ilmuwan di University of Pavia, Itali, menerbitkan penelitian yang mengatakan bahwa berhubungan badan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan saraf kranial. Saraf kranial adalah salah satu saraf dari 12 pasang saraf. Fungsi saraf kranial adalah mengatur semua fungsi organ tubuh seperti kesadaran, kecepatan berpikir, konsentrasi, hingga berkomunikasi. Nah, pasangan yang rutin berhubungan badan akan lebih waspada dan berpikir lebih jernih.


  • Mengurangi stres

Manfaat berhubungan intim yang tak kalah penting adalah mengurangi stres. Terlebih lagi jika Anda mengalami tekanan cukup besar karena pekerjaan. Hal tersebut senada dengan penelitian yang dilakukan di University of Paisley, Skotlandia pada tahun 2006. 

Pada penelitian tersebut terdapat 22 pria dan 24 wanita yang selama dua minggu diobservasi. dan menghasilkan sebuah pernyataan. Bahwa, mereka yang rutin melakukan hubungan badan mempunyai tingkat stres yang lebih kecil dibanding yang tidak rutin berhubungan badkenikan. 

Jadi, buat apa melewatkan kenikmatan berhubungan badan bersama suami atau istri Anda demi hal lain, seperti melakukan pekerjaan kantor di rumah. Lebih baik, selalu luangkan waktu untuk bercinta bersama pasangan Anda. Toh, manfaatnya pun berlimpah, bukan? (DV)

Ditinjau oleh dr. Hervi Wiranti, Sp.OG

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Seksual ?
Ask Doctor
Musim hujan memberikan kesejukan dan kesuburan. Namun, kondisi lembap saat musim hujan jadi tempat yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak. 6 Langkah Cegah Jamur Kulit Kebiasaan makan kita memengaruhi berat badan. Beberapa kebiasaan makan kita ini sebaiknya dihindari karena berpotensi menaikkan bobot tubuh. 5 Kesalahan Pola Makan yang Masing Sering Kita Lakukan