Profile
Health A-Z

Kecanduan Makanan Manis, Begini Cara Mengatasinya

Kecanduan Makanan Manis, Begini Cara Mengatasinya

Diet detoks gula sedang jadi tren. Katanya, diet ini bisa mengakhiri kecanduan Anda untuk makan makanan manis dan membantu Anda menurunkan berat badan. Benarkah? Inilah kebenaran tentang kecanduan gula dan bagaimana cara yang benar untuk menjinakkannya.

Ada beberapa orang menggunakan makanan manis dengan cara-cara yang tidak sehat, meskipun mungkin mereka belum sampai pada tahap kecanduan  yang sebenarnya. Beberapa tanda kecanduan gula yang wajib Anda waspadai antara lain adalah; Anda kerap mendambakan makanan atau minuman manis, kehilangan kendali dan sering makan lebih banyak dari yang direncanakan.

Gula, bukannya tanpa manfaat. Gula adalah bahan bakar setiap sel dalam otak. Otak Anda melihat gula sebagai hadiah, yang dapat membuat Anda ketagihan. Semakin sering Anda makan gula, semakin kuat sistem reward di otak Anda dan akhirnya akan mempersulit Anda menghentikan kebiasaan mengonsumsi yang manis-manis.

Makanan manis seperti permen mengandung gula yang merupakan sumber karbohidrat sederhana. Gula atau karbohidrat jenis ini cepat menaikkan kadar gula darah dan cepat pula menurunkannya, membuat kadar gula menjadi tidak stabil. Sebenarnya, gula sederhana juga terdapat di dalam buah-buahan dan sayuran. Tapi, karena mereka kaya akan serat yang tidak bisa dicerna tubuh maka proses penyerapan gulanya pun ikut melambat. 

Beberapa rencana diet detoks gula menyarankan Anda menjauhi segala bentuk makanan dan minuman yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana, termasuk biskuit, permen, roti, nasi putih, kue, buah, susu, dan lain sebagainya. Diet ini terlalu drastis sehingga jarang orang bisa melakukannya dalam jangka panjang. Sebaiknya, cobalah trik ini untuk meredam kesukaan Anda terhadap gula yang amat sangat.

Latih Selera Anda

Anda tidak perlu gula sebanyak yang Anda konsumsi selama ini. Bahkan, Anda dapat melatih selera Anda untuk tidak terlau menikmati yang manis. Coba eliminasi satu jenis makanan manis dari pola makan Anda setiap minggu. Misalnya, tidak makan makanan penutup setelah makan malam. Atau, mengurangi jumlah gula di dalam kopi atau sereal Anda.

Pilih Sumber yang Baik

Anda tidak harus menghilangkan semua makanan manis, tapi coba dapatkan dari sumber yang lain. Coba campurkan buah segar pada oatmeal atau air minum Anda sebagai ganti gula meja yang selama ini Anda konsumsi.

Biarkan Protein Membantu Anda

Makan protein adalah cara mudah untuk mengekang keinginan tak tertahankan terhadap gula. Makanan tinggi protein dicerna lebih lambat, membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Protein tidak membuat gula darah Anda melonjak seperti yang dilakukan oleh karbohidrat dan gula halus. Pilih protein seperti ayam tanpa lemak, yogurt rendah lemak, telur, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Perbanyak Serat

Serat membantu melawan kecanduan gula dengan banyak cara. Pertama, serat membuat Anda cepat kenyang. Makanan tinggi serat juga memberi Anda lebih banyak energi dan  tidak menaikkan kadar gula darah. Pilih buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sebagai sumber serat yang baik.

Aktivitas fisik

Latihan dapat membantu melenyapkan kecanduan gula dan mengubah cara Anda makan pada umumnya. Dengan rutih berolahraga, Anda akan mulai merasa lebih baik dan ingin makan makanan sehat. Lakukan apa yang Anda suka, seperti jalan kaki, naik sepeda, atau berenang. Mulailah dengan perlahan selama setidaknya 30 menit satu kali latihan, lima hari seminggu.

Bisakah Pemanis Buatan Membantu?

Beberapa studi menunjukkan pemanis buatan dapat menyebabkan keinginan menyantap yang manis-manis, bertambah sulit dikontrol. Menurut beberapa ahli, pemanis buatan tidak membantu mengurangi selera Anda terhadap yang manis. Jadi, perhatikan tubuh Anda; apakah pemanis buatan membuat Anda tambah mendambakan gula? Jika memang demikian, cari sumber manis lain yang lebih sehat seperti diungkap di atas.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Tanda-tanda gangguan kesehatan bisa Anda temukan pada wajah. Temukan Masalah Kesehatan pada Wajah Anda Peforma Anda di tempat tidur dapat terganggu oleh depresi, alkohol, stres, obat-obatan dan sebagainya. 9 Hal yang Bisa Menurunkan Ereksi Anda