Profile
Eye & Vision Health

Lindungi Mata Anda Saat Memasak di Dapur

 Lindungi Mata Anda Saat Memasak di Dapur

Cidera mata dapat dialami oleh siapa saja dan terjadi di mana saja, namun tahukah Anda bahwa kebanyakan cidera mata terjadi di rumah, terutama akibat kegiatan di dapur? Trauma mata sangat rentan terjadi saat Anda sedang memasak karena Anda tidak menggunakan pelindung mata.

Untuk melindungi mata Anda saat bekerja di dapur, lakukan langkah-langkah ini: 

1. Bawalah kacamata pelindung dan letakkan di dekat Anda. Bentuk kacamata pelindung yang mirip dengan kacamata renang atau kacamata tukang las ini berguna saat Anda harus membersihkan bagian dalam oven yang penuh dengan senyawa kimia atau ketika menggunakan bahan pembersih keras. Kacamata pelindung juga melindungi mata Anda dari iritasi akibat bumbu pedas saat memasak.

2. Seringlah membasuh dan mencuci tangan. Anda seringkali langsung menyentuh mata setelah memegang atau menggunakan tangan untuk memotong-motong makanan. Tak jarang, makanan tersebut memiliki sifat panas dan pedas seperti cabe dan bawang, menyebabkan terjadinya rasa sakit dan mata merah. Kondisi ini akan menyakiti mata, terutama jika Anda menggunakan lensa kontak dan lupa mencuci tangan. Cuci juga alas potong yang Anda gunakan hingga bersih.


3. Kuasailah pertolongan pertama pada cidera mata. Segeralah cuci mata dengan air keran dingin atau dengan cairan yang digunakan untuk membersihkan lensa kontak. Kemudian, kedip-kedipkan mata Anda untuk menstimulasi keluarnya air mata.

Apabila Anda tanpa sengaja terpapar dengan bahan kimia di mata Anda, segera juga cuci mata dan bawa mata ke unit gawat darurat sambil terus menetesi mata Anda dengan obat tetes mata.

Jika cidera yang Anda alami disebabkan oleh benturan langsung pada mata, berikan kompres air dingin pada mata yang terbentur dan hubungi dokter mata. Jika mata Anda berdarah dan Anda merasakan adanya perubahan pada penglihatan dan timbulnya rasa sakit ketika Anda menggerakkan mata, segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat.


Jika mata Anda kemasukan sesuatu, jangan menggosok mata Anda. Tarik kelopak mata atas ke bawah mendekati kelopak mata bawah, berkediplah beberapa kali agar bulu mata Anda yang ada di kelopak bawah membantu membersihkan benda yang masuk ke dalam mata. Jika tindakan ini tidak membantu, cuci mata dengan air. Jika benda tetap tidak mau keluar dari mata, mintalah bantuan dokter mata. 

Dengan menjaga keamanan mata selama beraktivitas di dapur, cedera dapat dihindari dan kegiatan memasak dapat berjalan dengan lancar. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar