Profile
Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil harus diutamakan agar ibu dan bayi dalam kandungannya tetap sehat serta tercukupi kebutuhan nutrisinya sehingga bayi dapat tumbuh dengan baik.

Selama masa kehamilan, Anda membutuhkan protein dan kalsium untuk membentuk jaringan tubuh dan tulang bayi. Tak hanya itu, Anda juga membutuhkan asam folat yang lebih banyak untuk melindungi bayi dari cacat saraf dan zat besi yang lebih untuk membawa oksigen ke bayi Anda.

Nah, berikut ini adalah makanan sehat untuk ibu hamil:

  • Biji-bijian

Anda dapat mengonsumsi roti gandum dan sereal yang diperkaya dengan asam folat dan zat besi. Biji-bijian juga mengandung lebih banyak serat dibandingkan roti putih dan nasi. 


  • Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang putih, kacang polong, atau kacang kedelai mengandung banyak protein dan serat. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan zat besi, folat, kalsium, dan seng yang baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil.

  • Ikan salmon

Ikan salmon sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama untuk  pertumbuhan otak dan penglihatan bayi. Ikan salmon juga mengandung protein dan vitamin B.

  • Telur

Telur adalah sumber protein yang menyediakan asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil serta bayi. Telur pun mengandung segudang vitamin, mineral, dan kolin yang baik untuk perkembangan otak bayi.
 


Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dalam kondisi yang tidak matang karena masih mengandung bakteri yang justru berbahaya untuk bayi.

  • Berries

Beberapa macam buah berries seperti blueberry, raspberry, blackberry, dan strawberry mengandung vitamin C, potasium, asam folat, juga serat yang baik untuk kesehatan Anda dan bayi.

  • Yoghurt rendah lemak

Segelas yoghurt rendah lemak dan gula menngandung kalsium yang sangat baik untuk Anda dan bayi. (PR)

Ditinjau oleh dr. Jenni, M. Gizi, Sp.GK

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar