Brain and Nervous System

Makanan Untuk Otak


Semakin usia kita menua, semakin tua pula tubuh dan semakin berkurang daya otak kita. Ada beberapa jenis makanan dan suplemen yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan memperbaiki fungsi otak.

Contoh makanan yang baik bagi fungsi otak adalah :

  • Kafein
    Kafein dapat memberikan energi, meningkatkan kewaspadaan, membantu agar lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi. Kafein terkandung dalam kopi, coklat, energy drinks dan obat-obatan. Kafein juga membantu seseorang tetap terjaga (mengurangi kantuk) walaupun hanya bersifat sementara. Konsumsi kafein berlebih akan membuat gelisah.

     
  • Gula (glukosa)
    Gula dapat meningkatkan kewaspadaan. Gula menjadi ‘bahan bahan’ untuk menjalankan fungsi otak. Bukan gula yang sehari-hari Anda gunakan untuk menyeduh teh, tapi glukosa. Glukosa dihasilkan dari proses metabolisme gula dan karbohidrat yang Anda konsumsi. Itulah kenapa segelas minuman manis dapat membantu daya ingat, proses berpikir dan mental (juga bersifat sementara).

     
  • Sarapan
    Sebuah studi mengatakan, seseorang yang selalu sarapan secukupnya (terutama bagi pelajar), dapat meningkatkan daya ingat. Sarapan yang baik adalah campuran buah segar, susu dan biji-bijian kaya serat (sereal). Sarapan dengan kalori tinggi justru akan menghambat konsentrasi dan membuat badan menjadi lesu.

     
  • Protein
    Konsumsi ikan yang kaya akan omega 3 sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak. Konsumsi omega 3 juga dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer (dementia) dan stroke. Sebaiknya konsumsi ikan 2 kali (2 porsi) dalam seminggu.

     
  • Kacang-kacanagan dan coklat
    Kacang dan biji-bijian kaya akan vitamin E (antioksidan). Coklat pahit (dark cocholate) juga mengandung banyak antioksidan, yang mengandung stimulan alami seperti kafein. Sebaiknya konsumsi 1 ons coklat dan kacang-kacangan setiap harinya.

     
  • Alpukat dan gandum
    Aliran darah menopang fungsi kerja organ diseluruh tubuh, terutama jantung dan otak. Dengan rajin mengkonsumsi gandum dan alpukat (secukupnya) dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, mengurangi lemak jahat, mengurangi penumpukan plak dan melancarkan aliran darah. Biji-bijian (misalnya jagung – popcorn) dan gandum, juga mengandung banyak serat dan vitamin E. Alpukat yang mengandung lemak tak jenuh juga baik bagi aliran darah.

     
  • Blueberries
    Dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

in partnership with