x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Parenting

Mendidik Anak Dengan Cara Yang Benar


Tidak jarang, orang tua terlalu memanjakan anaknya dengan selalu membantu melakukan segala hal, termasuk dalam mengerjakan hal sederhana seperti memegangi gelas atau mengancingkan baju. Padahal, jika anak sudah berusia tiga hingga lima tahun sebaiknya sudah dilatih untuk bisa mengancingkan bajunya sendiri.

Jika anak usia tiga tahun belum bisa memasang dan melepas kancing bajunya sendiri, nantinya anak akan kesulitan saat memegang pensil atau krayon dan ini pastinya mempengaruhi kemampuannya untuk menulis. Jika hal ini sudah terjadi, untuk menstimulasi agar anak bisa memegang pensil dengan benar, akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Anak seringnya juga dibiasakan ditaruh dalam babywalker atau digendong, mungkin hal ini dilakukan supaya anak tidak rewel atau supaya orangtua bisa terus beraktifitas. anak seharusnya diberi ruang gerak. Biarkan anak bermain dan mengeksplorasi sendiri ‘dunianya’, yang penting ialah anak harus tetap diawasi dan berikan lingkungan bermain yang aman bagi anak.

Orang tua juga seringkali salah mengajari anak agar cepat lancar berbicara. Orangtua seringkali mengikuti pola berbicara anak seperti menyebutkan kata ‘cing’ untuk menyebutkan kata ‘kucing’, atau ‘yam’ untuk menyebut kata ‘ayam’, seharusnya, anak dibiasakan menyebut sesuatu secara lengkap.

Tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi dan juga lingkungan yang berupa stimulasi yang diterima si kecil. Untuk para orang tua, wajib untuk memantau setiap  perkembangan anak mulai dari motorik kasar, motorik halus, perkembangan kognisi, perkembangan bicara serta kemampuan sosialnya.

 

Reviewed by dr. Attila Dewanti, SpA (K) yang berpraktek di Brawijaya Women and Children Hospital

in partnership with