Profile
Eye & Vision Health

Mengobati Mata Lebam

Mengobati Mata Lebam

Selain mengalami mata bintitan, bayi bisa mengalami mata lebam yang mirip seperti memar atau bekas pukulan. Mata lebam pada bayi sebaiknya diwaspadai orangtua, terutama mengetahui penyebabnya. Mata yang membiru atau menghitam biasanya timbul akibat adanya gumpalan darah beku di bawah kulit kelopak mata yang tipis, juga kulit di sekitar mata. 

Penyebab mata lebam bermacam-macam. Bisa karena trauma (benturan) di area mata atau area dahi atau cedera kepala. Bila anak menjadi mimisan dan bagian putih pada mata (sklera) mengalami pendarahan, segera periksakan bayi ke dokter.


Demikian pula bila mata lebam membuat penglihatan bayi terganggu, gerakan mata yang tidak normal, atau bayi terlihat kesakitan. Kemungkinan lain timbulnya mata lebam pada bayi adalah reaksi alergi sehingga mata pun bengkak.

Jika orangtua sudah memastikan bahwa mata lebam yang dialami bayi hanyalah memar, berikut perawatan yang dapat dilakukan oleh orangtua:
1. Jika bayi berusia 6 bulan ke atas, berikan dosis kecil acetaminophen  atau ibuprofen untuk meredakan rasa tidak nyaman.
2. Jika terjadi pembengkakkan namun bayi tidak rewel, berikan kompres dingin selama 10 - 15 menit selama beberapa kali sehari untuk 24 jam ke depan. Lalu, lanjutkan dengan kompres hangat.


Orangtua dapat mengompres mata bayi dengan es batu yang sudah dibungkus handuk. Saat mengompres, alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya bermain atau membaca. Selain itu, pastikan kompres terletak di sekitar mata dan bukan menutupi mata.

Mata lebam biasanya akan hilang dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Tapi, jika lebih dari itu, segera ajak bayi berobat ke dokter. Alihkan pula perhatian bayi dari rasa sakit selama matanya mengalami lebam dengan menghiburnya. (PA)

Ditinjau oleh dr. Dion Oscar Iskandar, Sp. M

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Musim hujan memberikan kesejukan dan kesuburan. Namun, kondisi lembap saat musim hujan jadi tempat yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak. 6 Langkah Cegah Jamur Kulit Musim hujan memberikan kesejukan dan kesuburan. Namun, kondisi lembap saat musim hujan jadi tempat yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak. 6 Langkah Cegah Jamur Kulit