x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Pregnancy

Obesitas pada Ibu Hamil


Obesitas adalah kondisi kelebihan massa tubuh.  Kegemukan memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Risiko yang ada menjadi dua kali lipat jika obesitas terjadi pada ibu hamil.

Selain berisiko bagi perkembangan ibu hamil, kondisi kegemukan sendiri membuat usaha untuk hamil menjadi lebih sulit ketimbang pada perempuan yang massa tubuhnya ideal. Mari kita telaah lebih jauh perihal keterkaitan obesitas yang membahayakan kehamilan.

Batasan orang bisa dikategorikan memiliki massa tubuh berlebih atau obesitas jika indeks massa tubuhnya lebih dari 30 kg/m2. Adapun cara merumuskan indeks massa tubuh, ialah:
Berat badan (dalam satuan kg) dibagi dengan tinggi badan yang dikuadratkan (dalam satuan meter)

Contoh: Seorang ibu dengan berat badan 70 kg dan tinggi 150cm, maka indeks massa tubuhnya
 70 kg/(1,5m X 1,5m) = 31,1kg/m2
Dikategorikan obesitas jika Indeks Massa Tubuh >30kg/m2

Perempuan yang masuk kategori obesitas dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan semenjak memulai perencanaan kehamilan. Selain membahas perihal segala resiko dan perkembangan kehamilan, dokter kandungan akan memberikan solusi serta memantau kenaikan berat badan dan dampaknya bagi janin.

Perempuan obesitas yang memutuskan untuk hamil juga diharuskan untuk melakukan kontrol secara rutin. Karena lebih berisiko terkena diabetes, pre eklampsia, kelainan (cacat) bawaan pada janin dan kemungkinan keguguran

Berdasarkan penelitian, sekitar 10 persen perempuan yang kesulitan hamil disebabkan oleh PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Pada kasus PCOS terdapat gejala ketidak teraturan siklus bulanan yang dipengaruhi ketidak stabilan hormon sebab kegemukan.

Perempuan dengan bahaya obesitas bukan tidak mungkin untuk mengandung, biasanya dapat dibantu dengan langkah medis pembuahan buatan seperti inseminasi atau bayi tabung untuk bisa hamil.

Karena itu, perempuan yang mengalami obesitas disarankan untuk mengubah gaya hidup serta pola makannya untuk dapat mencapai batas berat badan yang ideal. Perempuan dengan berat badan ideal akan meningkatkan kualitas janin yang dikandungnya.

in partnership with