Arthritis

Olahraga Kurangi Nyeri Sendi


Jika Anda menderita nyeri punggung atau sendi, rasanya seakan-akan Anda hanya ingin berbaring dan beristirahat seharian, sayangnya hal itu justru akan memperburuk kondisi nyeri Anda. Hasil riset membuktikan, penderita gangguan sendi yang melakukan aktifitas fisik lebih banyak, lebih berhasil mengurangi nyeri tersebut.

Jika gangguan sendi Anda parah, misalnya pada punggung, pinggang, lutut ataupun bahu, disarankan untuk tidak melakukan sembarang olahraga tanpa konsultasi lebih dulu dengan dokter dan trainer khusus. Beberapa jenis latihan yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Peregangan. 
    Berbaringlah pada karpet atau matras, kaki bertumpu pada kursi (tumit hingga lutut), sehingga posisi Anda seperti sedang duduk di bangku, atau, berbaringlah dan lipat kaki hingga lutut menempel pada dada.
  • Kardiovaskular. 
    Cukup lakukan gerakan ringan, misalnya, melakukan jalan cepat, tapi jika Anda merasakan nyeri, ganti dengan olahraga berenang.

Adapun beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh penderita gangguan sendi, terutama yang terlalu banyak memberikan tekanan pada sendi, seperti berlari, basket (karena banyak melompat), tenis dan golf (karena tulang belakang hanya berputar dan bergerak satu arah saja). Bukan berarti beberapa jenis olahraga ini tidak boleh dilakukan sama sekali, tapi hindari melakukannya secara rutin.

in partnership with