x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Diabetes

Pengganti Gula Untuk Diabetes


Jika Anda penderita diabetes dan sangat menjaga kadar gula darah Anda, mungkin Anda bisa mencoba menambahkan pemanis buatan untuk mengganti gula atau karbohidrat. Pemanis buatan atau yang disebut juga dengan pengganti gula, memiliki kandungan kalori dalam jumlah kecil dan dapat memberikan rasa manis yang lebih besar dibanding dengan gula biasa, sehingga penggunaannya pun jauh lebih sedikit.

Tubuh, juga tidak sepenuhnya menyerap pemanis buatan tersebut, jadi, kalorinya tidak terlalu berpengaruh terhadap kadar gula darah. Faktor-faktor tersebut menjadikan pemanis buatan ideal digunakan bagi penderita diabetes.

Adapun jenis pemanis buatan yang layak di konsumsi, yaitu :

  • Sakarin.
    Seringkali digunakan di dalam makanan dan minuman kemasan khusus diet. Sebuah penelitian menyatakan sakarin aman di konsumsi bagi penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Hindari sakarin bagi ibu yang mengandung.
  • Aspartam.
    Aman digunakan bagi seluruh jenis diabetes, hindari penggunaannya bagi penderita phenylketonuria (PKU).
  • Sucralose.
  • Asesulfam K.
  • Neotam. Walaupun merupakan turunan dari aspartam, neotam aman di gunakan bagi penderita phenylketonuria (PKU).

Jika Anda khawatir dengan penggunaan pemanis buatan, berikut contoh pemanis alami yang berasal dari tumbuhan :

  • Stevia.
  • Agave nectar. Walaupun jumlah kalorinya mirip dengan gula, tapi rasa manisnya berkali-kali lipat dari gula sehingga penggunaannya lebih sedikit.

Walaupun pemanis buatan sudah banyak tersedia, mudah didapat dan dinyatakan aman digunakan (dengan ukuran tertentu), banyak penderita diabetes tetap takut dengan penggunaan gula. Agar makanan Anda tetap terasa nikmat, Anda dapat menambahkan sedikit buah-buahan segar dan manis dalam diet Anda.

in partnership with