Diabetes

Penyakit Diabetes dan Gangguan Mata


Sebagai pendahuluan, penyakit diabetes dapat menyebabkan pembengkakan pada lensa mata Anda, artinya, saat menderita penyakit diabetes, penglihatan Anda berisiko terkena imbas negatif. Untungnya, jika penyakit diabetes tersebut segera ditangani, kesehatan mata Anda akan kembali membaik. Berikut tiga jenis penyakit mata yang paling sering mengenai penderita diabetes.

Katarak.
Jika Anda terkena katarak, mata dan penglihatan Anda akan terasa seperti berkabut dan kabur. Meskipun semua orang bisa saja terkena katarak, penderita diabetes umumnya terkena katarak pada usia yang jauh lebih muda (lebih awal). Jika sudah parah, katarak hanya dapat disembuhkan dengan teknik pembedahan.

Glaukoma.
Ketika cairan didalam mata tidak ‘mengering’ dengan normal, cairan tersebut akan menumpuk dan menyebabkan penekanan didalam mata. Penekanan akibat cairan tersebut dapat merusak saraf dan pembuluh darah pada mata Anda. Gejala umum glaukoma adalah pusing, pandangan kabur dan nyeri disekitar mata. Glaukoma dapat disembuhkan dengan obat tetes mata khusus, obat-obatan dan pembedahan.

Diabetik retinopati.
Adalah salah satu bentuk dari komplikasi diabetes yang disebabkan oleh hancurnya pembuluh-pembuluh darah kecil pada mata. Penyakit mata ini lebih sering dialami oleh penderita diabetes tipe 2.

Menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan rutin memeriksakan kesehatan mata dapat membantu Anda terhindar dari bahaya penyakit-penyakit tersebut.

 

in partnership with