MEETDOCTOR

Profile
Kesehatan Anak

Penyakit Kulit pada Anak

Penyakit Kulit pada Anak

Kulit anak Anda kemerahan atau terdapat bintik-bintik? Bisa jadi hal tersebut adalah gejala dari infeksi atau alergi. Kenali gejalanya agar anak Anda dapat segera diobati. Berikut adalah contoh penyakit kulit yang paling sering mengenai anak-anak :

  • Kurap
    Atau disebut juga ringworm Adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur (bukan cacing) yang hidup didalam kulit mati, rambut dan jaringan kuku. Awalnya, kulit menjadi kemerahan dan bersisik, lama-kelamaan akan terbentuk pola seperti cincin, kulit menjadi terkelupas, merah, gatal dan melepuh. Penularan kurap dapat terjadi akibat bersentuhan dengan orang lain atau hewan yang juga terkena kurap, berbagi benda-benda pribadi (misalnya handuk). Obati dengan salep anti jamur.

     
  • Impetigo
    Adalah penyakit kulit yang sering diderita anak-anak yang kurang menjaga kebersihan. Impetigo disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Impetigo menyebabkan kulit menjadi kemerahan atau melepuh yang berisi cairan dan berkerak. Penularan impetigo dapat melalui sentuhan kulit atau berbagi barang pribadi (seperti handuk) dan mainan. Jika digaruk akan memperparah penyebaran ke bagian kulit lain. Gunakan obat antibiotik untuk menghentikan penyebaran dikulit anak.

     
  • Kutil
    Adalah bagian kuit yang tumbuh. Kutil dapat menular hanya dengan bersentuhan dengan orang lain yang juga terinfeksi virus papilloma. Kutil biasanya tumbuh ditangan atau dijari. Cegah penyebaran kutil dengan mencabutnya hingga ke akar dan balut dengan perban. Hindari anak menggigiti kuku atau kutikula. Kutil tidak berbahaya, tidak menimbulkan rasa sakit dan bisa hilang dengan sendirinya.

     
  • Biang keringat
    Terjadi akibat tersumbatnya saluran keringat. Gejalanya adalah terdapat bintik-bintik seperti jerawat kemerahan pada kepala, leher dan bahu. Biasanya disebabkan oleh pakaian yang terlalu tebal (panas) atau tidak menyerap keringat.
Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Anak ?
Ask Doctor
Bolehkah ibu hamil tetap menjalankan ibadah puasa? Puasa dan Kehamilan Kesemutan biasa muncul pada tangan, kaki dan telapak kaki. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan. Di Balik Gejala Kesemutan