Profile
Bayi

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan bayi 4 bulan semakin menggemaskan. Pasalnya, di usia empat bulan, bayi semakin banyak memiliki kemampuan untuk memberikan respon pada orang-orang tercinta. Kemampuan motoriknya pun semakin berkembang. 

Menginjak usia empat bulan, bayi Anda akan menunjukkan perkembangan pesat, ia mulai mengenali kondisi sekitarnya. Bahkan, bayi juga sudah dapat merespon orangtuanya dengan tersenyum, tertawa, mengeluarkan suara seperti berkumur atau suara lembut khas bayi pada umumnya. 

Perkembangan fisik
Pada usia empat bulan, pertumbuhan bayi akan tampak jelas pada berat badannya. Berat badan bayi bisa dua kali lipat dari bobot tubuhnya saat lahir. Hal lain yang mengalami kemajuan, adalah kemampuan motorik bayi. Tangan bayi akan semakin aktif menggerakkan mainan atau benda apa saja yang dapat diraihnya. Jika digendong, bayi akan aktif menyentuh wajah, rambut dan bagian tubuh lain yang dapat dicapainya. Hindarkan bayi dari benda tajam, termasuk perhiasan yang dipakai di tubuh, saat menggendong bayi.

Tak hanya aktif meraih benda di sekitarnya, bayi berusia 4 bulan juga akan mulai aktif  memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Karena itu, orangtua harus waspada terhadap benda-benda kecil yangbisa diraih bayi dan  dapat dengan mudah tertelan oleh bayi. 

Di usia ini, kepala dan leher bayi sudah lebih kuat. Bayi berusia empat bulan dapat menegakkan kepala dalam posisi tengkurap. Tangan dan kaki bayi juga akan aktif menendang dan berguling-guling.


Tidur lebih teratur
Di usianya yang keempat bulan, waktu tidur bayi sudah lebih teratur. Bayi sudah mampu tidur sepanjang malam tanpa terbangun selama delapan jam. Dalam sehari, bayi empat bulan akan  tidur selama 14 hingga 16 jam per hari dengan tambahan tidur siang.

Selain itu, kemampuan  inderanya pun semakin berkembang, bayi berusia 4 bulan mampu mengenali warna, karena penglihatannya sudah lebih tajam. Ia sudah mulai mampu memilih warna kontras, seperti tertarik kepada kancing warna-warni atau pada baju berwarna merah. Penglihatan bayi juga sudah mencapai jarak hingga ke seberang ruangan. Sehingga, bayi mampu mengikuti benda yang bergerak dan orang-orang yang lalu lalang di sekitarnya. 


Mampu memberi respon 
Dari segi kemampuan berkomunikasi, bayi berusia empat bulan sudah mampu mengerti respon yang diterimanya dari orang di sekitarnya. Bayi mulai memahami, bahwa ada reaksi yang timbul dari setiap hal yang dilakukannya, seperti jika dirinya menangis, maka ibunya akan datang untuk menenangkan. Jika dirinya menjatuhkan barang, seseorang akan mengambilnya. 

Bayi usia empat bulan akan mulai berekspresi melalui suara seperti ooh dan aah, memekik, memainkan air liur dan tawa. Ia juga akan tersenyum, berekspresi marah hingga wajah terkejut. Di usia ini, bayi juga sudah mulai mampu membaca emosi dari suara lawan bicaranya, serta ekspresi orangtuanya.

Di usia empat bulan, bayi perlu lebih banyak diperkenalkan terhadap indera perasa dengan menyentuh berbagai benda dengan tekstur berbeda. Bacakan cerita atau nyanyikan lagu untuk bayi setiap hari, sambil menimangnya. 

Jika bayi Anda berusia empat bulan, bawalah bayi untuk mendapatkan pemeriksaan rutin berupa pengecekan tinggi dan berat badan bayi, perkembangan fisik dan psikologis bayi secara umum, mendapatkan vaksin, serta pengecekan pendengaran dan penglihatan bayi. (PA)


Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P (Konselor ASI)

Anda punya pertanyaan seputar Bayi ?
Ask Doctor
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D Diet ketogenik adalah diet yang memperbanyak konsumsi lemak dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan protein. Ada kelebihan dan kekurangand dari diet ini. Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik?