x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Pregnancy

Persiapan Persalinan. Makin Matang, Makin Tenang


Bagi para wanita yang usia kandungannya telah memasuki trimester 3 tentunya sudah musti melakukan persiapan persalinan. Biasanya pada masa-masa menjelang persalinan banyak calon orang tua (apalagi bila ini pengalaman kehamilan pertama) yang merasa panik.

Agar tidak terjadi kericuhan pada waktu bersalin, ada baiknya melakukan persiapan menghadapi persalinan. Beberapa hal yang harus dicermati demi lancarnya persalinan yang telah ditunggu-tunggu, ialah:

Pemilihan metode persalinan
Dalam hal ini penting adanya komunikasi antara dokter dan pasangan suami-istri. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Pertimbangkan juga segi resiko dan efek yang terjadi setelahnya. Melahirkan normal, operasi caesar maupun waterbirth semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pertimbangkan tempat melahirkan
Sejak memasuki masa trimester 3, ibu hamil sudah harus menentukan perencanaan tempat bersalin. Sebaiknya pilih tempat bersalin yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal untuk mengantisipasi jam persalinan yang tak terduga.

Tenaga medis penolong persalinan
Dokter kandungan maupun bidan yang sekiranya akan menangani proses persalinan sebaiknya ditentukan dari jauh-jauh hari. Ada baiknya menciptakan kesinambungan antara tenaga medis yang memantau kehamilan ibu sedari awal, sehingga dapat tahu betul perihal perkembangan ibu dan janin.

Selain beberapa hal medis di atas, ada persiapan persalinan yang harus dilakukan Anda dan pasangan di rumah, yaitu:

Banyak berdiskusi dengan pasangan
Hal kecil seperti mempersiapkan perlengkapan bayi, mengecat kamar bayi maupun mempersiapkan nama bagi bayi merupakan hal yang membutuhkan komunikasi antara pasangan.

Komunikasi yang lancar terjalin diharapkan akan meminimalisir dampak babies blues yang kerap melanda.

Pahami tanda-tanda siap melahirkan
Pahami tanda-tanda siap melahirkan dengan banyak bertanya dan menyimak dari keterangan dokter maupun pengalaman ibu-ibu melahirkan sehingga Anda tidak keliru menerjemahkan kontraksi.

Persiapkan tas salin
Siapkan beberapa helai baju ganti pun baju hangat untuk ibu dan calon bayi. Teliti kembali kira-kira barang apa yang akan dibutuhkan saat proses persalinan.

Masukan barang-barang tersebut dalam satu tas khusus di tempat yang terlihat, sehingga jika sewaktu-waktu kontraksi persalinan dimulai, tas tersebut mudah dimobilisasikan.

Selain persiapan yang terlihat secara fisik, persiapan mental pun tidak kalah pentingnya dilakukan. Banyak membaca pengalaman-pengalaman yang dibagi oleh wanita-wanita lain saat melahirkan akan memberi banyak masukan berharga. Calon ibu yang telah bersiap biasanya akan mengalami persalinan minim komplikasi.

in partnership with