Arthritis

Radang Sendi


Peradangan sendi dikenal secara medis dengan istilah dengan istilah artritis. Peradangan adalah reaksi alami jika sendi (ataupun bagian tubuh lainnya) mengalami suatu gangguan penyakit atau cedera. Jika peradangan terjadi dalam jangka waktu yang panjang, bisa memicu risiko kerusakan jaringan-jaringan.

Sendi itu sendiri, adalah tempat bersatunya kedua tulang, misalnya pada pinggul dan lutut. Diujung masing-masing tulang tersebut, dilapisi dengan material yang menyerupai spons yang disebut juga dengan kartilago (tulang rawan) yang berfungsi sebagai bantalan. Tulang rawan juga membuat kedua tulang bisa bergerak dengan baik tanpa menimbulkan rasa nyeri. Pada jenis sendi tertentu, di dalam ruang sendinya juga diisi dengan suatu cairan licin (cairan sinovial) yang berfungsi untuk mengurangi gesekan. Adapun ligamen (jaringan pengikat otot), yang bertugas untuk mengikat kedua tulang agar tetap stabil.


Pada artritis, area disekitar sendi tersebut mengalami peradangan yang menimbulkan rasa nyeri, kaku dan sulit bergerak. Bahkan, pada beberapa jenis artritis, bisa memberikan efek yang juga mempengaruhi ke bagian tubuh lainnya seperti kulit dan organ dalam.

  • Osteoartritis.
    Adalah jenis radang sendi yang paling umum terjadi. Saat tulang rawan terganggu, kedua tulang akan saling bergesekan dan mulai menimbulkan nyeri. Osteoartritis seringkali mengenai tulang punggung dan lutut. 
  • Reumatoid artritis
    Adalah suatu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh seseorang justru berbalik menyerang dan mengakibatkan pembengkakan di sekitar sendi. Peradangan ini bisa menyebar ke jaringan-jaringan disekitarnya dan bisa merusak tulang rawan.
  • Asam urat (gout).
    Asam urat bisa menimbulkan nyeri yang amat sangat, hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat (uric acid) didalam darah, sehingga terbentuklah kristal-kristal dipersendian. Asam urat seringkali mengenai jempol kaki, pergelangan tangan dan lutut. 

Gejala radang sendi yang dialami setiap orang berbeda-beda, adapun gejala umumnya, yaitu ruam (kemerahan), demam, tulang terasa kaku, terasa panas dan bengkak. Radang sendi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penuaan, obesitas dan melakukan pekerjaan yang banyak memberikan tekanan pada tulang. Radang sendi bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolahraga. Postur tubuh yang baik saat beraktifitas sehari-hari juga bisa membantu.

 

Review oleh dr. Janfrional yang berpraktik di Citralife

in partnership with