x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Bone, Joint and Muscle

Hindari Sakit Tulang Punggung Saat Tidur


Nyeri punggung tidak berhenti menyerang bahkan pada saat Anda tidur. Nyeri punggung dan gangguan tidur sangat berhubungan satu sama lain. Bagaimana Anda bisa tidur dengan nyenyak jika punggung Anda sakit? Dan gangguan tidur dapat memperparah nyeri punggung.

Berikut cara meletakan tubuh yang benar untuk menghindari tekanan pada punggung :

Letakan bantal dibawah lutut ketika Anda tidur terlentang dan letakan bantal diantara lutut ketika Anda tidur menyamping. Untuk membantu mempertahankan bentuk tulang belakang saat Anda tidur, gulung handuk, dan ikat di pinggul (simpul ikatan berada didepan – perut).

Jika Anda ingin berbaring, dari posisi Anda berdiri, kemudian duduk, topang tubuh Anda dengan tangan, naikan dan tekuk lutut, kemudian terlentang. Dan sebaliknya, jika Anda ingin bangun dari kasur, dari posisi terlentang, miringkan tubuh Anda, gunakan tangan untuk menopang tubuh, turunkan kaki ke lantai. Hindari berbaring terlalu lama, karena dapat membuat tulang bertambah kaku.

Adapun tips agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak, yaitu :

  • Mandi air hangat beberapa waktu sebelum tidur untuk merilekskan otot-otot.
  • Letakan es dipunggung Anda selama 20 menit.
  • Hindari konsumsi kafein atau alkohol di sore hari.
  • Hindari makan berlebih sebelum tidur, selain membuat tidur tidak nyenyak juga akan menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Lakukan relaksasi sebelum tidur.

Kasur yang baik adalah kasur yang dapat menopang tulang belakang seperti posisi saat Anda berdiri tegap dan sebaiknya ganti kasur Anda lima sampai tujuh tahun sekali.

Kasur seperti memang bukan barang yang murah, tapi demi kenyamanan dan kualitas tidur Anda, harga tersebut rasanya sepadan.

in partnership with