Profile
Hamil

Tips Atasi Mood Swing Saat Hamil

Tips Atasi Mood Swing Saat Hamil

Saat hamil, ibu hamil biasanya akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan fisik dan hormon yang membuat Anda emosional dan sensitif. Perubahan ini kadang membuat Anda sulit mengontrol diri. 

Perubahan mood atau emosional tersebut dinamakan mood swing. Perubahan tersebut disebabkan tekanan fisik atau stres, cepat lelah, perubahan hormon, perubahan metabolisme tubuh, dan perubahan fisik lainnya. Perubahan signifikan tersebut dapat memengaruhi tingkat neurotransmiter, zat kimia yang dapat memengaruhi suasana hati.


Mood swing yang tidak bisa diatasi bisa menimbulkan depresi saat hamil. Jadi, daripada hal tersebut berakibat negatif, ada baiknya perubahan mood disikapi lebih positif. Nah, beberapa cara berikut bisa Anda gunakan untuk mengontrol dan mengelola stres yang dialami selama kehamilan. Di antaranya:

1. Berjalan-jalan dan melakukan hal yang menyenangkan.
2. Ambil kelas yoga, meditasi, atau lakukan pijat untuk melemaskan otot-otot Anda.
3. Baca buku yang menarik.
4. Istirahat lebih banyak.
5. Nonton film favorit dengan pasangan.
6. Bermanja-manja dengan pasangan.
7. Makan secara teratur.
8. Atur waktu sehingga tidak ada kegiatan yang bentrok dan bisa mengakibatkan stres.


Nah, jika beberapa cara tersebut telah Anda lakukan namun tetap merasa tidak nyaman, ada baiknya Anda melakukan perjalanan ke tempat favorit. Babymoon, demikian namanya, akan membuat Anda rileks sehingga terhindar depresi saat hamil. Namun pastikan Anda sudah mendapatkan persetujuan dokter supaya tidak membahayakan Anda dan janin.

Depresi saat kehamilan akan memengaruhi perkembangan janin dan bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur serta depresi postpartum. Nah, jika Anda mengalami depresi, disarankan untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (DV)

Di-review oleh dr. Rahajeng A.P

 

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Jamur bisa menyerang siapa saja, tidak pandang usia dan jenis kelamin. Jamur adalah kelompok organisme yang membuat spora. Jamur bisa hidup di mana saja, dan jadi penyebab berbagai penyakit kulit... Kuku Sehat Bebas Jamur Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar