Profile
Kehamilan Ektopik

adakah keputihan tanda awal hamil

adakah keputihan tanda awal hamil
Malaysia

doc.. adakah keputihan yg banyak sebelum period adaalah tanda2 awal hamil.. keputihan ini datang bersama dengan sakit ''senak'' di bahagian peranakan rasa kebas di bahagian kanan pinggang... rasa seperti cream di bawah perut.. adakah gejala ini tanda2 awal kehamilan..

Answers

10 answers

  • Selamat siang,
    lendir yang dihasilkan di tengah siklus menstruasi dapat kita pakai sebagai petunjuk tingkat kesuburan kita, tetapi sebagai tanda awal kehamilan bukan itu patokannya...
    kemungkinan keputihan yang disertai rasa tidak enak di perut bagian bawah malah menunjukan adanya infeksi baik di saluran kemih atau di daerah vagina kita, ada baiknya melakukan pemeriksaan urine lengkap dulu untuk mengetahui adanya infeksi saluran kemih atau tidak... sekaligus pemeriksaan urine untuk memastikan kehamilan sehingga tidak hanya menduga-duga saja..

    semoga membantu...

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Semua yg ibu sebutkan adalah tanda2 tdk pasti dari kehamilan. Jadi sebaiknya apabila sdh terlambat haid dilakukan test kehamilan. Dan berikutnya dilakukan usg di dokter

  • o ya ka...terima kasih ya..
    tapi tidak ada rasa gatal yg kuat,...
    cuma bila saya cuci di dalam sahaja saya dapati ada keputihan..
    ermm..saya akan membuat pemeriksaan selanjut nya ..

  • dok, bagaimana cara menghitung tingkat kesuburan, sedangkan jadwal haid tidak teratur .. bisa di katakan tidak normal

  • Lalu normalkah keputihan saat trimester pertama kehamilan? Kadang2 terasa gatal jg?

  • dok,saya mau tnya ,,,
    apakah berhubungan intim setelah haid dapat menyebabkan
    kehamilan ?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore, anina

    Miss V berbau tidak sedap dan terasa gatal. Biasanya ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran kita untuk menjaga kebersihan Miss V. Akibatnya, vagina mengalami infeksi bakteri atau jamur.

    Berikut adalah beberapa langkah untuk merawat kebersihan Miss V:

    - Hindari sabun beraroma wangi, gel dan antiseptik karena dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri sehat dan kadar pH pada vagina dan menimbulkan iritasi.

    - Gunakan sabun yang tanpa pewangi untuk mencuci daerah sekitar vagina (vulva). Bersihkan area genital dengan sabun lembut setiap hari. Sabun yang terlalu keras atau terlalu banyak bahan kimia dan wewangian akan membuat vagina mengeluarkan cairan lebih banyak dan menimbulkan bau tidak sedap. Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan cairan alami. Pastikan Anda hanya membersihkan area sekitar vagina, misalnya rambut kemaluan Anda.

    - Selama periode menstruasi, cucilah Miss V lebih sering, ganti pembalut 3-4 jam atau jika sudah basah. Jaga pula kebersihan daerah perineum antara vagina dan anus, setidaknya sekali setiap hari, setelah mandi.

    - Konsumsi yogurt. Yogurt yang mengandung kultur hidup memperkenalkan probiotik (atau bakteri baik) ke dalam tubuh Anda. Kandungan kultur bakteri hidup Lactobacillus merupakan probiotik alami yang bermanfaat bagi organisme lainnya. Bakteri baik ini menyukai lingkungan asam dan berperan mengubah laktosa menjadi asam laktat. Maka itu, selain menjaga kesehatan pencernaan, yogurt juga bermanfaat menjaga kesehatan Miss V. Mengonsumsi yogurt secara rutin dapat mencegah bakteri penyebab infeksi pada organ reproduksi. Telitilah dalam memilih yogurt. Yogurt yang berkualitas baik menggunakan bakteri generasi baru dan tingkat keasaman yang pas.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore, anonymous

    Masa subur adalah siklus pada wanita ketika ovumnya matang dan siap dibuahi. Pada masa subur, kesempatan seorang perempuan untuk hamil lebih tinggi. Perlu diperhatikan oleh para wanita yang mendambakan kehamilan, masa hidup ovum hanya berlangsung selama 12-24 jam dalam sebulannya. Jadi pastikan cara menghitung masa kesuburan yang anda lakukan akurat adanya.

    Metode ini digunakan bagi perempuan yang siklus haidnya tidak menentu. Langkah-langkahnya adalah:

    Catat data haid selama 6-12 bulan terakhir.
    Kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat untuk menentukan awal masa suburnya.
    Kurangi 18 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir masa subur.

    Contoh : Setelah kita catat selama 6-12 bulan terakhir, ternyata siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari.

    Maka, 31 – 11 = 20. 26 – 18 = 8. Jadi, perkiraan masa subur berlangsung dari hari ke 8 sampai hari ke 20.

    Jika siklusnya teratur, masa subur berlangsung 14+/- 1 hari haid berikutnya artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

    Metode Kalender dengan Menghitung Masa Subur dan Prasubur

    Masa subur = hari terakhir haid +13 hari
    Masa pra subur = masa subur – 3 dan masa subur + 3

    Contoh : jika hari terakhir haid tanggal 10 maka tanggal masa subur adalah 23. Masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

    Masa subur wanita biasanya terjadi di antara hari ke-11 dan hari ke-14 pada siklus menstruasi yang rata-rata berlangsung selama 28 hari. Saat itulah, ovulasi atau proses pelepasan sel telur ke dalam rahim terjadi.

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore, kharisma

    Keputihan adalah salah satu hal yang paling sering dialami di masa kehamilan. Terjadinya keputihan di masa kehamilan, karena adanya perubahan hormonal dan aliran darah di daerah rahim serta vagina, yang kemudian mengakibatkan adanya peningkatan sekresi vagina. Pada dasarnya, mengalami keputihan dalam jumlah lebih banyak selama kehamilan termasuk hal yang wajar. keputihan akan semakin banyak di masa kehamilan, karena meningkatnya kadar estrogen dan aliran darah menuju vagina.

    Jika, keputihan keluar dalam jumlah banyak pada usia kandungan yang belum mencapai 37 minggu, atau jika keputihan menjadi sangat encer, berbau hingga bercampur darah atau terasa sakit, gatal dan terbakar, segeralah menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Sedangkan, jika usia kehamilan sudah melampaui usia 37 minggu, keputihan perlu dicermati lebih teliti. Karena, tak jarang, kondisi yang diduga sebagai keputihan, justru air ketuban yang pecah.

    Kenali penyebab keputihan

    Keputihan adalah kondisi umum yang biasanya terjadi pada wanita. Tak jarang keputihan dianggap sebagai sesuatu yang sangat menakutkan bagi banyak wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan juga membuat tak percaya diri, terutama bagi wanita yang telah menikah. keputihan adalah sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan ditandai keluarnya cairan berwarnah putih kekuningan atau putih berbau dari saluran vagina. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai rasa gatal.

    adapun Keputihan masih tergolong normal bila :
    1. cair/encer
    2. Warna bening atau sedikit putih
    3. Jumlahnya sedikit
    4. Hampir tidak berbau
    5. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

    Untuk menjaga kesehatan vagina, selalu rawat kebersihan daerah vagina dengan mengeringkan vagina dari arah depan ke belakang. Kenakan juga celana dalam katun yang tidak ketat. Hindari pemakaian celana dalam berbahan nilon, mandi dengan air berbusa, dan panty liner dengan pewangi buatan. Intinya, bahan apa saja yang bersinggungan dengan vagina, tidak boleh memiliki tambahan bahan kimia buatan. Pewangi dalam bentuk semprotan maupun sabun untuk area genital pun, sebaiknya dihindari selama kehamilan.

    Penyebab keputihan bisa berasal dari kebiasaan sehari-hari. Misalnya, memakai tisu untuk mengeringkan vagina sesudah buang air kecil maupun buang air besar atau memakai pakaian dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat sekaligus membuat vagina lembap. Celana ketat juga bisa menjadi penyebab keputihan.

    keputihan dengan perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut penyebabnya biasanya karena higiene yang jelek, pemakaian obat obat an dalam waktu lama, stress, dan infeksi

    Kondisi keputihan pada ibu hamil termasuk wajar terjadi, selama hal ini tidak dibarengi dengan perubahan warna maupun timbulnya bau tidak sedap dan rasa sakit atau gatal di sekitar vagina. Tapi, jika Anda mencurigai adanya infeksi, hindari mencoba mengobati diri sendiri dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Dalam kondisi hamil, Anda harus lebih berhati-hati dalam pemakaian obat-obatan yang dijual bebas. Sebaiknya, temui dokter untuk mengetahui diagnosa dari gejala yang dialami dan perawatan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore, wina

    Masa subur adalah siklus pada wanita ketika ovumnya matang dan siap dibuahi. Pada masa subur, kesempatan seorang perempuan untuk hamil lebih tinggi. Perlu diperhatikan oleh para wanita yang mendambakan kehamilan, masa hidup ovum hanya berlangsung selama 12-24 jam dalam sebulannya. Jadi pastikan cara menghitung masa kesuburan yang anda lakukan akurat adanya.

    Metode ini digunakan bagi perempuan yang siklus haidnya tidak menentu. Langkah-langkahnya adalah:

    Catat data haid selama 6-12 bulan terakhir.
    Kurangi 18 hari dari siklus haid tersingkat untuk menentukan awal masa suburnya.
    Kurangi 18 hari dari siklus haid terpanjang untuk menentukan akhir masa subur.

    Contoh : Setelah kita catat selama 6-12 bulan terakhir, ternyata siklus terpanjang adalah 31 hari dan siklus terpendek 26 hari.

    Maka, 31 – 11 = 20. 26 – 18 = 8. Jadi, perkiraan masa subur berlangsung dari hari ke 8 sampai hari ke 20.

    Jika siklusnya teratur, masa subur berlangsung 14+/- 1 hari haid berikutnya artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

    Metode Kalender dengan Menghitung Masa Subur dan Prasubur

    Masa subur = hari terakhir haid +13 hari
    Masa pra subur = masa subur – 3 dan masa subur + 3

    Contoh : jika hari terakhir haid tanggal 10 maka tanggal masa subur adalah 23. Masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

    Masa subur wanita biasanya terjadi di antara hari ke-11 dan hari ke-14 pada siklus menstruasi yang rata-rata berlangsung selama 28 hari. Saat itulah, ovulasi atau proses pelepasan sel telur ke dalam rahim terjadi. maka kemungkinan untuk hamil lebih rendah dibandingkan dengan berhubungan pada saat masa subur.

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
6 Cara Hindari Kembung Saat PMS 6 Cara Hindari Kembung Saat PMS Stres dan Akibatnya Bagi Kulit Anda Stres dan Akibatnya Bagi Kulit Anda