MEETDOCTOR

Profile
Health A-Z

"Adakah pengaruh gastrul pada ibu hamil aterm?"

Seseorang
Djambi, Jambi, Indonesia

permisi dok, saya mau bertanya. saya alumni mahasiswi kebidanan ada pertanyaan yang sampai sekarang saya belum mendapatkan penjelasan yang cukup, saya mohon infonya dok. adakah pengaruh pemakaian gastrul dengan dosis 50 ug melalui vagina pada ibu hamil aterm, dan apakah obat gastrul tersebut berpengaruh pada rahim (uterus)? mohon infonya ya dok,,,, terima kasih

Answers

1 answers

  • gastrul berisi misoprostol adalah analog prostaglandin yang direkomendasi untuk pengobatan dan pencegahan lesi gastro intestinal oleh obat-obat anti inflamasi non steroid. Misoprostol merupakan suatu sediaan obat yang mudah sekali larut dan mengalami hidrolisis cepat menjadi bentuk asam lemak, dimana bentuk tersebut bertanggung jawab dalam aktifitas klinisnya. Bentuk asam dari misoprostol tersebut dapat terdeteksi dalam plasma sirkulasi hanya membutuhkan waktu dua menit pada pemberian per-oral. Pada perut misoprostol menimbulkan kontraksi myometrium dan pematangan serviks. Prostaglandin memberikan respon yang baik pada semua tingkat umur kehamilan. Misoprostol oral umum digunakan untuk induksi persalinan aterm. Seperti pada prostaglandin yang lain misoprostol juga bekerja dengan jalan meningkatkan kalsium bebas intra seluler. Proses ini menghasilkan interaksi miosinterfosforilasi dan aktin. Pada saat yang sama terjadi gap jungtion miometrium yang memudahkan kontraksi terkoordinasi pada uterus.

    Efek samping yang terjadi bisa ringan sampai berat (Siswosudarmo, 2006), yaitu :
    1) Efek Ringan : mual, menggigil, diare.
    2) Efek Sedang : hiperstimulasi dan fetal distres.
    3) Efek Berat : Ruptur uteri.

    Dengan berbagai efek samping yang bisa terjadi, sehingga penanganan harus benar dan dibawah pengawasan dokter dan rumah sakit.

    Tolok ukur keberhasilan dari induksi dengan misoprostol ada dua yaitu (Shetty, 2002) :
    1.Primer : Persalinan pervaginam dalam 24 jam setelah dilakukan induksi.
    2.Sekunder : Kebutuhan Oksitosin, jenis persalinan, jumlah operasi sesar akibat distres janin, tingkat hiperstimulasi uterus, kondisi neonatus.
    Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi pencegah kehamilan. Selain kondom untuk pria, ada juga kondom untuk wanita lho. Berikut keuntungan dan kerugiannya menggunakan kondom wanita. Kondom Wanita: Ini Faktanya! Vagina adalah organ terpenting dalam tubuh wanita, karena bagian dari sistem reproduksi. Berikut cara merawat vagina agar tetap sehat dan bersih. Vagina: Ini Cara Menjaga Kebersihannya