Profile
Hamil

Air Es dan Janin Besar

Air Es dan Janin Besar
Seseorang
Jakarta, Indonesia

Dokter, apakah benar kalo ibu hamil sering minum air es nantinya bayinya besar dan jadi sulit waktu melahirkan?

Answers

5 answers

  • Selamat malam.

    Tidak benar sama sekali mitos yang Anda sebutkan diatas.

  • Sebenarnya air es-nya tidak menyebabkan janin besar, hanya saja seringkali kita minum sesuatu yang dingin tuh sifatnya minuman yang manis. Nah minuman dingin yang manis (yang dikonsumsi berlebihan) itulah yang bisa saja menyebabkan kelebihan berat janin.

  • dr. Aldika Akbar SpOG dr. Aldika Akbar SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Sampai sekarang belum ada penelitian yg membuktikan hal itu, lebih kepada mitos. Penyebab tersering Bayi besar adalah kencing manis (diabetes mellitus ) dalam kehamilan, selain faktor genetik (keturunan), sehingga jika ada riwayat melahirkan bayi besar, perlu evaluasi hal itu.

  • Setuju dgn dr. Alan, mitos tersebut tidak benar.

    Bayi besar dalam istilah medis dikenal dengan makrosomia. Makrosomia adalah bayi dengan berat badan lahir > 4000 gram. Bayi dengan berat seperti ini memang cenderung lebih sulit saat melewati jalan lahir. Sehingga risiko untuk kelahiran dengan cesar lebih besar.

    Penyebab bayi lahir dengan berat badan lebih dari 4000 gram adalah :

    - Ibu menderita diabetes

    - Usia kehamilan yang lebih lama dari kehamilan umumnya

    - Ibu yang mengalami obesitas

    - Multiparitas ( sudah pernah melahirkan lebih dari 1 kali )


    Sekian , semoga bisa membantu :)

  • User

    Tidak Benar ibu statement seperti itu, tidak ada hubungan antara minum es dgn kejadian bayi besar. Yang benar bila es yg diminum mengandung kadar Gula yg tinggi (Manis-manis) itu yg bisa membuat janin tumbuh cepat. Apalagi kita hidup di wilayah tropis yg pasti ibu akan selalu merasa haus,, silakan ibu bila ingin minum es tidak ada masalah, selama ibu tidak sedang sakit flu/batuk. Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Ciuman bibir memang memiliki manfaat, namun sekaligus juga bisa menularkan berbagai penyakit, di antaranya infeksi saluran napas atas dan infeksi herpes. Ciuman Bibir dan Kesehatan Anda Ciuman bibir memang memiliki manfaat, namun sekaligus juga bisa menularkan berbagai penyakit, di antaranya infeksi saluran napas atas dan infeksi herpes. Ciuman Bibir dan Kesehatan Anda