Profile
Hamil

Amankah Obat Penguat Kandungan?

Amankah Obat Penguat Kandungan?
Tasikmalaya

pada usia kehamilan 6-8week saya sempat ada flek coklat,,lalu saya cek ke dokter kandungan saya kemudian diberi dupashton,,lalu kemarin saya cek ke dokter lagi dengan usia USG 9w4d+-6d tapi tetap diberi penguat utrogestan dan vomercan padahal sekarang sudah tidak flek,,dan janin dikatakan sesuai dengan usia nya,,yang ingin saya tanyakan 1. Apakah tidak berbahaya menggunakan terus menerus penguat kandungan? 2.Apakah Usia janin beda dengan Usia kehamilan berdasarkan HPHT vs USG?

Answers

6 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Tidak ada masalah bu dg obat penguat kandungan. Aman utk kehamilan dan janin. Bahkan sangat diperlukan. Mengenai usia kehamilan, apabila ibu yakin dg haid terakhir/HPHT, maka patokan HPHT yg dipakai. USG dipakai patokan bila HPHT lupa

  • HPHT saya 2 Juli 2012 dok,,tapi kok beda dengan usia USG ya?

  • dr. Nova Hanafi, SpOG dr. Nova Hanafi, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    selamat siang. Saalam kenal.
    Tdk berbahaya menggunakan penguat pada kehamilan kurang dari 16 minggu. Krn fungsi penghasil progesteron akan diambil alih penuh oleh plasenta setelah minggu 16. Penguat sendiri mengandung progesteron sintetis.
    Mengenai usia kehamilan sering berbeda antara umur kehamilan berdasar hpht dan usg oleh krn pasien sering lupa hpht-nya.oleh krn itu sangat disarankan utk pemeriksaan usg pada trimester pertama utk menentukan usia awal kehamilan krn kemungkinan kesalahan dpt diminimalisir.
    Demikian semoga berguna.
    Terima kasih

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    1. Tidak apa-apa.

    2. Memang ada perbedaan antara kedua parameter tersebut, tetapi tidak perlu khawatir.

  • terimakasih pencerahan nya dok

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Ada banyak metode atau cara pendekatan yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Untuk menghitung usia kehamilan, terdapat 3 metode dasar yang digunakan, yaitu riwayat menstruasi (HPHT= Hari Pertama Haid Terakhir), pemeriksaan klinis, dan ultrasonografi (USG).

    Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

    Untuk dapat menghitung usia kehamilan anda berdasar HPHT hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur (28-30 hari). Untuk taksiran usia kehamilan berdasar HPHT dapat menggunakan rumus Neagele, selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL). Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.

    Kami akan berikan contoh bagaimana cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dengan cara Naegele. Rumus Naegele ini juga isa digunakan untuk memperkirakan kapan anak Anda akan lahir. Hari perkiraan lahir atau HPL bisa dirumuskan HPHT-7, bulan HPHT-3, dan tambahkan 1 pada tahunnya. Akan tetapi jika bulannya tidak bisa dikurang tiga alias bulan Januari-Maret, maka jumlahkan dengan 9, tetapi pada tahunnya tidak usah ditambahkan 1. Contohnya HPHT adalah tanggal 17 Agustus 2015, maka penghitungannya 17-7 = 10 (tanggal), 8 (Agustus) – 3 = 5 (Mei) dan tahun 15 + 1 = 16. Jadi hari perkiraan lahir atau HPL adalah tanggal 10 Mei 2016. Akan tetapi HPL biasanya diberikan waktu plus minus sekitar 7 hari. Jadi kemungkinan HPL adalah tanggal 3 – 17 Mei 2016. Sedangkan cara menghitung usia kehamilan misalnya HPHT adalah 17 Agustus, berarti 17 September adalah bulan pertama, dan seterusnya.

    Pemeriksaan Klinis: Tinggi Rahim (fundus uteri)
    Tinggi rahim atau fundus uteri ibu hamil dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan, namun sebaiknya hal ini dilakukan oleh tenaga profesional (dokter atau bidan) agar hasilnya akurat. Menghitung usia kehamilan berdasarkan fundus uteri ini dilakukan dengan cara sebagai berikut : Menggunakan Palpasi (perabaan) tinggi rahim. Pemeriksa akan melakukan perabaan (palpasi) untuk mencari fundus uteri, untuk menghitung usia kehamilan tinggi fundus uteri yang didapat akan dibandingkan dengan patokan standar, yakni:
    12 minggu >> 1/3 di atas simpisis
    16 minggu >> simpisis-pusat
    20 minggu >> 2/3 di atas simpisis
    24 minggu >> Setinggi pusat
    28 minggu >> 1/3 di atas pusat
    34 minggu >> pusat-prosessus xifoideus
    36 minggu >> Setinggi prosessus xifoideus
    40 minggu >> 2 jari di bawah prosessus xifoideus

    Menghitung Usia Kehamilan dengan USG Ultrasonografi obstetri atau USG Kehamilan
    pertama kali digunakan pada awal tahun 1970 an, menyebabkan peningkatan yang nyata dalam evaluasi anatomi janin dan plasenta, serta pertumbuhan janin. Sekarang, USG adalah teknik yang paling akurat untuk memperkirakan atau menghitung usia kehamilan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita