Profile
Hamil

Amankah Obat Penguat Kandungan?

Amankah Obat Penguat Kandungan?
Tasikmalaya

pada usia kehamilan 6-8week saya sempat ada flek coklat,,lalu saya cek ke dokter kandungan saya kemudian diberi dupashton,,lalu kemarin saya cek ke dokter lagi dengan usia USG 9w4d+-6d tapi tetap diberi penguat utrogestan dan vomercan padahal sekarang sudah tidak flek,,dan janin dikatakan sesuai dengan usia nya,,yang ingin saya tanyakan 1. Apakah tidak berbahaya menggunakan terus menerus penguat kandungan? 2.Apakah Usia janin beda dengan Usia kehamilan berdasarkan HPHT vs USG?

Answers

5 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Tidak ada masalah bu dg obat penguat kandungan. Aman utk kehamilan dan janin. Bahkan sangat diperlukan. Mengenai usia kehamilan, apabila ibu yakin dg haid terakhir/HPHT, maka patokan HPHT yg dipakai. USG dipakai patokan bila HPHT lupa

  • HPHT saya 2 Juli 2012 dok,,tapi kok beda dengan usia USG ya?

  • dr. Nova Hanafi, SpOG dr. Nova Hanafi, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    selamat siang. Saalam kenal.
    Tdk berbahaya menggunakan penguat pada kehamilan kurang dari 16 minggu. Krn fungsi penghasil progesteron akan diambil alih penuh oleh plasenta setelah minggu 16. Penguat sendiri mengandung progesteron sintetis.
    Mengenai usia kehamilan sering berbeda antara umur kehamilan berdasar hpht dan usg oleh krn pasien sering lupa hpht-nya.oleh krn itu sangat disarankan utk pemeriksaan usg pada trimester pertama utk menentukan usia awal kehamilan krn kemungkinan kesalahan dpt diminimalisir.
    Demikian semoga berguna.
    Terima kasih

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    1. Tidak apa-apa.

    2. Memang ada perbedaan antara kedua parameter tersebut, tetapi tidak perlu khawatir.

  • terimakasih pencerahan nya dok

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Air Lemon Tidak Terbukti Dapat Turunkan Berat Badan Air Lemon Tidak Terbukti Dapat Turunkan Berat Badan Studi Baru: Buah dan Sayur Dapat Memerbaiki Mood Studi Baru: Buah dan Sayur Dapat Memerbaiki Mood