Apa ciri - ciri atau gejala Uci -uci?
on 15 Jun 2012

Selamat Pagi saya Litha umur saya baru 20th.
hari minggu yang lalu saya merasakan nyeri dibagian leher awalnya saya hiraukan saya karna saya fikir paling juga gara - gara salah posisi tidur namun 4hari kemudian pada bagian leher muncul semacam benjolan dan benjolan itu dapat bergerak jika dipegang.
apakah itu termasuk uci-uci atau hanya benjolan biasa?
dan apa ciri-ciri penyakit uci-uci..
terima kasih atas jawabannya.

Litha Novianti
karawang

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, selamat pagi, Litha.

Apa yang dikenal oleh masyarakat sebagai 'uci-uci' merupakan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Mengenai apakah berbahaya atau tidak harus didahului oleh pemeriksaan dokter. Kelenjar getah bening sendiri merupakan salah satu komponen pertahanan tubuh terhadap infeksi dari luar. Pada kasus Anda, diawali oleh nyeri pada leher, sehingga kemudian mengalami respon dengan pembesaran kelenjar getah bening tersebut. Pembesaran kelenjar getah bening merupakan hal yang umum terjadi bila ada infeksi di daerah yang berdekatan, tetapi untuk memastikan apa yang dialami, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Semoga bermanfaat.

1 Thanks
on 15 Jun 2012

Selamat pagi,

Sudah berapa lama muncul benjolan di leher anda? Apakah baru 4 hari saja? Berapa ukuran benjolan tersebut pada saat muncul dan ukuran sekarang?
Apakah terdapat demam sebelumnya?

Kemungkinan besar benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening yang membesar. Hal tersebut adalah mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Biasanya setelah infeksi mereda, benjolan tersebut akan mengecil sendiri kurang lebih dalam 2 minggu.

Semoga membantu.

Say Thanks
on 15 Jun 2012

Mbak litha benjolannya sebesar apa? empuk / keras, soalnya istri saya jg ad benjlan d leher sekecil biji jagung, keras, dkasih obat selama 9 bulan..!

Say Thanks
29 weeks 6 days ago
in partnership with