apa obat flu yang manjur?
on 15 Mar 2012

sore dokter, kira-kira obat flu yang paling manjur apa ya? beberapa obat flu yg beredar di pasaran udah aku minum, kemarin diusulin lewat BM tentang obat RHINOS SR apa iya manjur? kandungannya pseudoephedrine, hcl dan loratadine. boleh dijabarkan nggak dok masing2 kandungannya berfungsi untuk apa ya? makasih

Abigeil Benazir
Bintaro

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat sore :)

Manjur atau tidaknya suatu obat itu sifatnya sangat subyektif :) tergantung dari daya tahan tubuh seseorang yang pada tiap org berbeda2, seberapa berat penyakitnya, berapa lama sudah terkena penyakit tersebut, adakah faktor lain yg mempengaruhi (misal adakah penyakit lain, faktor lingkungan, nutrisi,dll). Jadi sayang sekali, saya tidak dapat menentukan obat mana yg paling manjur bagi seseorang.

Pseudoefedrin HCL berfungsi sebagai dekongestan hidung yang dapat melegakan hidung tersumbat. Loratadine berfungsi sebagai antihistamin yang dapat mengatasi alergi danpada kasus flu, dpt mengatasi bersin-bersin yg terutama disebabkan oleh alergi.

Dan sebenarnya yg lbh penting jug, mengingat flu disebabkan karena infeksi virus, anda sebaiknya istirahat yang cukup, olah raga yg teratur, dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, mengkonsumsi vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak rentan terhadap penyakit flu maupun penyakit lainnya :)


Say Thanks
on 15 Mar 2012

kalau mengonsumsi air dingin saat pilek sebenarnya ada pengaruhnya kah bagi tubuh? terimakasih dokter eleonora..

Say Thanks
on 15 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo Selamat Sore Sdri .Abigeil

Minum banyak cairan adalah salah satu therapi yang dapat kita lakukan sebagai pengobatan flu dirumah, disamping pengobatan dengan obat.

Sebenarnya hingga sekarang belum ditemukan bukti secara medis yang kuat yang menyatakan bahwa minum air dingin saat flu dapat memperparah penyakit influenza. Namun demikian, air yang hangat tetap merupakan yang dianjurkan oleh dokter, karena uap yang dihasilkan cairan tersebut dapat membantu untuk sedikit mengurangi sumbatan pada hidung.

Saat influenza, apabila disertai dengan demam, maka suhu tubuh yang tinggi akan lebih nyaman bila menerima minuman hangat. Minuman dingin bisa membuat tubuh lebih menggigil sebagai mekanismenya untuk menghasilkan panas, agar minuman tersebut bersuhu sama dengan suhu tubuh.

Demikian, Terima Kasih.

Say Thanks
on 15 Mar 2012
in partnership with