apa penyebab BAB bayi keras?
on 17 Apr 2013

Apa penyebab BAB bayi keras?

Anak saya usia 7 minggu, full ASI, sudah sekitar 2,5 minggu belakangan ini BAB 3 hari sekali dan bentuk pup yang keluar pertama kali keras. Berat badan dan suhu anak saya normal, dihari-hari biasa tidak rewel. Saat usia 0-4 minggu BAB normal (setiap hari dan bentuk cair berbiji kuning), beberapa hari setelah itu bentuk pup mulai pekat (seperti selai) dan warnanya kuning tua, lalu 2,5 minggu terakhir pup pertama yang keluar keras (selanjutnya pekat seperti selai). Saya kasihan melihat akhir-akhir ini setiap pup selalu menangis keluar air mata dan mengejan (saat mengeluarkan pup keras tersebut).

Terima Kasih.

cici
Jakarta

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Hal ini masih normal.

Bayi memang cenderung selalu menangis saat BAB. Hal ini bukanlah menandakan bahwa BAB nya keras, melainkan hanya sebagai pertanda bahwa bayi tersebut merasakan sensasi tidak nyaman dan membutuhkan bantuan pengasuh untuk membersihkan dan mengganti popoknya.

Terima kasih.

Say Thanks
on 17 Apr 2013
Jakarta

terima kasih dokter.

Untuk penyebab kerasnya BAB itu sendiri apa ya?

Say Thanks
on 17 Apr 2013
Dokter
Jakarta, Indonesia

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, BAB memang cenderung lebih solid (padat) dalan konsistensinya, hal ini bukanlah berarti BAB itu keras.

Cobalah agar anda menyusui bayi anda secara lebih sering agar asupan cairan yang masuk ke bayi dapat lebih banyak sehinggan konsistensi BAB nya dapat lebih lunak.

Terima kasih

Say Thanks
on 17 Apr 2013

Anak saya usia 7 bulan dok, BAB nya keras, dan dia.menangis saat mengejan, tapi setelah itu ketawa2 biasa, makanannya semua lembut dan kaya serat seperti pisang pepaya, bubur

Say Thanks
on 19 Oct 2013
in partnership with