Apa sebab asam lambung naik?
46 weeks 5 days ago

Selamat siang kaka dokter :)
Jadi begini,sudah setahun terakhir ini saya sering sesak nafas. Tapi,karena saya pikir saya punya amandel dan sinusitis mungkin mereka penyebabnya. Lalu,kira-kira Desember tahun lalu saya sempat ke UGD karena dada terasa sesak dan jantung deg-deg an yang mebuat saya sangat tidak nyaman.Setelah diperiksa ternyata dokternya menyimpulkan kalo mungkin saya ini asam lambungnya naik dan disarankan USG.
Ternyata setelah hasil USG keluar,ditemukan sedikit lemak di hati. Lambungnya malah nggapapa :o

Tapi,akhirnya saya tetep ngelanjutin obat yg dokter kasih warnanya putih katanya untuk menurunkan asam lambung berlebih.
Nah,sejak itu saya jadi sering ketergantungan sama obat maag. begitu sesek dikit langsung cepet2 kunyah obat maagh. dan masalahnya itu sering.. Kira-kira kenapa bisa begitu ya?
oh,iya kemarin juga gitu dok.. Tiba-tiba perut kiri atas di tulang rusuk terakhir tiba-tiba perut saya kayak semacam kram dan sebah gitu rasanya.. apa itu juga karena asam lambung yang naik?

Mohon penjelasannya yaa dok.. Karena saya ngeri ada teman yang meninggal beberapa bulan lalu gara-gara asam lambungnya sampe ngerusak jantungnya

Tasya Arianti
surabaya

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear patient,

Hal itu kemungkinan besar berasal dari gejala dispepsia / maag / gastritis.

Keterangan lengkap tentang kondisi ini dan cara pengobatannya dapat anda baca di link berikut ini :

http://meetdoctor.com/article/mengenal-gastritis#/page/1

http://meetdoctor.com/article/mengenal-gastritis#/page/2

http://meetdoctor.com/article/mengenal-gastritis#/page/3

Untuk sementara anda bisa meredakannya dengan obat-obatan antasida / obat maag yang dijual bebas di pasaran. Apabila tidak reda dalam waktu 1-2 minggu, maka hentikanlah pengobatan tersebut dan periksakanlah kondisi anda ke dokter.
Pada kondisi maag yang berat, mungkin akan diperlukan pemeriksaan endoskopi / teropong lambung. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam.

Terima kasih

Say Thanks
45 weeks 1 hour ago
in partnership with