Profile
Asupan Makanan dan Diet

Apa Vitamin Yang Baik Untuk Tubuh ?

Apa Vitamin Yang Baik Untuk Tubuh ?
Jakarta Pusat

Malam Dok . . . Saya mau nanya tentang vitamin yang baik untuk tubuh itu yang bagaimana ya ? Bisakah untuk memberi rekomendasi spesifikasi nya atau bahkan jenisnya ? Terimasih. Salam, Arie Sagita

Answers

1 answers

  • dr. Andre Sugiyono dr. Andre Sugiyono Dokter Umum

    Selamat pagi Saudara Arie, saya akan mencoba menjawab pertanyaan Saudara.

    Secara umum vitamin hanya merupakan suplemen. Vitamin hanya dibutuhkan ketika tubuh kita:
    1. Mengalami kekurangan zat gizi tertentu sehingga menyebabkan penyakit seperti: beri-beri, kesemutan, sariawan, anemia.
    2. Jika pola makan menyebabkan kita rentan mengalami defisit zat gizi tertentu seperti kekurangan b12 pada vegetarian, kekurangan kalsium akibat sering mengkonsumsi kopi.
    Maka dari itu, suplementasi mana yang terbaik tergantung dari zat gizi apa yang kemungkinan anda butuhkan. Vitamin atau mineral yang kita butuhkan seperti: zat besi, vitamin b kompleks, vitamin c, vitamin d dan kalsium, zinc. Beberapa panduan dapat saya berikan:
    1. Wanita datang bulan, hamil, dan menyusui membutuhkan zaf besi yang lebih.
    2. Seorang vegetarian atau yang jarang mengkonsumsi daging memerlukan suplementasi vitamin b kompleks.
    3. Seorang yang terkena flu secara umum membutuhkan vitamin c, b kompleks, dan zinc (dalam hal ini mungkin beberapa dokter bisa setuju ataupun tidak setuju, karena vitamin tidak diberikan rutin pada kondisi ini)
    4. Lansia atau yang mendekati usia tersebut perlu mengkonsumsi kalsium dsn vitamin d utk mencegah osteoporosis.
    5. Orang yang jarang mengkonsumsi sayur dan buah membutuhkan suplementasi serat apabila tidak bisa dipenuhi dari makanan.

    Demikian saran yang saya berikan, semoga dapat membantu. Banyak sekali penjelasan yang dapat diberikan dokter mengenai topik ini, karena itu jika anda masih belum jelas dapat berkonsultasi dengan dokter umu..

    Terima kasih telah menggunakan layanan meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Asupan Makanan dan Diet ?
Ask Doctor
Rasa manis pada gula membuat penikmatnya kecanduan. Namun, efeknya cukup besar bagi kesehatan. Ini Bahaya Gula bagi Kesehatan Menjaga kulit agar terhindar dari keriput bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput