Profile
Kesehatan Wanita

Haid, penyebab haid tidak teratur, siklus haid tidak teratur

Haid, penyebab haid tidak teratur, siklus haid tidak teratur
Bandung

sebelum menikah siklus haid saya 28-30 hari. selalu seperti itu. tapi setelah menikah siklus haid saya jadi berubah. saya menikah bulan april 2012, siklus haid saya bulan pertama 28 hari, trus 40 hari, trus 35 hari. apakah ini termasuk siklus haid tidak teratur? lalu bagaimana cara menghitung masa subur saya dengan siklus haid seperti itu? terima kasih

Answers

4 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Siklus ibu jadi berubah-ubah kalau dilihat. Saran saya, ibu bisa minum pil pengatur haid (Cyclo Progynova) dimulai saat mens hari ke tiga. Minum 1x1 pada jam yg sama. Dari situ haid ibu akan teratur, sehingga ibu bisa senggama di hari ke 12, 14, 16. Semua dihitung dari hari pertama mens/haid.

  • terima kasih dokter. apakah siklus seperti itu normal dok? selama haid saya tidak ada keluhan apa2. cuma pinggang jd pegel aja, itu jg pas hari pertama aja.

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Memang kemungkinan besar ada sedikit ketidak seimbangan hormon bu. Obat yang direkomendasikan oleh dokter Didi Dewanto Sp.OG tersebut berfungsi menyeimbangkan hormon yang mengatur siklus menstruasi.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :

    • Amenorrhoea dan Oligomenorrhea : tidak ada atau sedikit darah yang dikeluarkan selama menstruasi terjadi

    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)

    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.

    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, stress dan depresi, penurunan berat badan berlebihan, sakit kronis, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll. Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

    Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mengatasi bagaimana agar tidak terjadi gangguan haid:
    1. Konsumsi makanan yang sehat
    2. Menjaga berat badan Anda
    3. Berolahraga
    4. Menghindari dan mengendalikan stress dengan baik
    Namun jika berlangsug terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter Kandungan.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini