x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Apa yang terjadi pada tubuh jika mengkonsumsi Primolut N, Kalnex, dan Preabor?
on 17 Feb 2013

Dokter, saya seorang wanita dengan siklus menstruasi bergeser mundur 2-4 hari, terakhir menstruasi dimulai tanggal 26 Des berakhir tanggal 2 Januari 2013. Tanggal 8 Jan melakukan hubungan tapi masih menggunakan pakaian. Tanggal 9 Jan pagi mengalami pendarahan, setelah ke dokter (umum) dites kehamilan, hasilnya negatif dan diberi obat Primolut N dan Kalnex 500. Dokter menyarankan untuk periksa USG. Setelah minum 4 tablet Primolut dan 1 tablet Kalnex, pendarahan berhenti. Karena disarankan untuk mengetahui sebabnya melalui tes USG, saya melakukan tes USG. Saya tidak menjelaskan detail keadaan saya pada dokter SPOG, saya menjelaskan kalau kapan terakhir datang bulan (2 Jan) dan kemarin tgl 9 Jan mengalami pendarahan. Oleh dokter SPOG diberi obat Preabor, karena bingung punya 3 obat, 2 obat sebelumnya tidak lagi saya konsumsi. Saya hanya mengkonsumsi Preabor dan saya mengalami pendarahan/menstruasi lagi tgl 14 Jan. Saya ke dokter lagi, dokter bilang memang dibuat menstruasi dan diminta check up setelah menstruasi lagi setelah hari itu. Sampai 17 Feb saya belum juga menstruasi. Karena khawatir saya 2 x tes HCG dan hasilnya negatif semua. Saat ini saya bingung sekali kenapa saya belum menstruasi. Saya bingung, sebenarnya apa yang terjadi ketika saya mengonsumsi obat-obat tersebut? Terima kasih atas jawaban dokter.

Seseorang
Semarang

6 Answers

Salah satu obat yang diberikan dokter mengandung hormon. Sehingga bisa mengatur haid anda.

Anda belum menjelaskan apa hasil USG anda. Apakah terdapat kelainan pada organ reproduksi?

Saya juga ingin mengetahui, apakah sebelumnya anda pernah mengalami gangguan haid seperti ini. Gangguan haid yang anda alami bisa disebabkan karena gangguan hormonal ataupun kelainan pada organ reproduksi. Sehingga saya perlu mengetahui hasil USG anda kemarin.

1 Thanks
on 17 Feb 2013
Semarang

Sebelumnya tidak pernah seperti ini Dokter, ini baru pertama kali. Dari hasil USG dokter bilang tidak ada kelainan pada organ reproduksi.

Say Thanks
on 17 Feb 2013
Dokter
Jakarta, Indonesia

Primolut untuk mengatur siklus haid, sifatnya hormonal. Sementara Kalnex untuk menghentikan pendarahan.

1 Thanks
on 17 Feb 2013
Semarang

Saya searching kegunaan Preabor di internet, Preabor banyak digunakan untuk memperkuat kandungan pada ibu hamil & mencegah kelahiran prematur. Oleh dokter SPOG saya diresepkan obat tersebut selama 9 hari dengan dosis semakin lama semakin berkurang, lalu mengalami menstruasi pada hari ke 3 setelah mengkonsumsi obat tsb. Saya penasaran sekali, seandainya Dokter yang memeriksa saya, apa Dokter jg akan meresepkan Preabor? Jika iya, mengapa?

Say Thanks
on 17 Feb 2013
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Pengobatan dg obat hormonal spt primolut, prearbor Memang tidak bisa diminum seenaknya. Harus jelas rencana dan detail cara minum. Karena kalo tidak akan menimbulkan keluhan2 baru (mens tdk teratur dsb) saran saya periksa ke dokter kandungan dan usg vaginal (bila anda sdh menikah) utk melihat ketebalan endometrium. Setelah itu akan bs ditentukan obat yg tepat. Saran saya utk bs mengatur haid dg baik, minum pil Yasmin

1 Thanks
on 18 Feb 2013
Semarang

Jelas sekali dr. Didi, terima kasih atas saran dan penjelasannya. :) Siklus saya sudah berjalan kembali & setelah periksa tadi diberi Blesifen. Kali ini saya menanyakan kenapa diberi obat itu ke dokternya. :D Sekali lagi, saya berterima kasih.

Say Thanks
on 18 Feb 2013
in partnership with