MEETDOCTOR

Eating & Diet

Apakah bahaya makan permen karet setiap hari?

Apakah bahaya makan permen karet setiap hari?
Renata Tanu
Jakarta

Dok, hampir tiap hari saya makan permen karet (Happydent white). sehari bisa makan sampai 6-10 bungkus yang satu kemasannya isi dua. Maksudnya sih pengen mengurangi nafsu makan, hitung-hitung diet. Apakah itu berbahaya dok..? Dampak buruknya untuk tubuh apa ya, karena saya cukup merasakan dampak positifnya bagi nafsu makan saya. Thx dokter.

Answers

1 answers

  • Selamat sore, Renata.

    Mengunyah permen karet sejauh ini memiliki banyak faktor yang menguntungkan kesehatan, antara lain:
    - meningkatkan kesehatan rongga mulut (mengurangi terjadinya karies)
    - baik untuk membantu mengurangi berat badan (karena 1 permen karet hanya 5-10 kal, dan kegiatan mengunyah juga dapat membakar kalori)
    - memperbaiki pencernaan (merangsang keluarnya air liur; hal ini erat kaitannya juga dengan kesehatan rongga mulut)
    - mengurangi stress dan meningkatkan konsentrasi

    Pernah ada penelitian mengenai bahan pembuat permen karet tersebut, apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak, ternyata setelah diteliti, tidak ada pengaruh negatif untuk kesehatan.

    Sementara, sejauh ini pengaruh buruk dari permen karet masih diteliti. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terus mengunyah permen karet sepanjang hari, karena sistem pencernaan pun butuh 'istirahat'.

Anda punya pertanyaan seputar Eating & Diet ?
Ask Doctor
Payudara tak selamanya kencang, padat, dan indah. Bertambahnya usia dan berbagai kebiasaan akan membuat payudara kendur. Payudara Kendur, Ini Sebabnya Kehamilan adalah proses yang indah. Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat ibu hamil harus beristirahat penuh untuk mempertahankan kehamilannya. Ibu Hamil, Kapan Perlu Bedrest?