Apakah bisa hamil lagi setelah operasi cesar??
on 30 Apr 2012

Sore dokter, Saya ingin bertanya : Apa boleh saya hamil lagi setelah menjalani operasi cesar 4 bulan yg lalu, karena disaat itu bayi saya meninggal dunia. dan saat itu tekanan darah saya mencapai 200/ 120 ,apakah berbahaya bagi diri saya ? mohon bantuannya dokter. terima kasih sebelumnya.

Nuzhrul Zariee
Medan, Indonesia

2 Answers

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
RS Unair & National Hospital, Surabaya

Selamat Malam ibu Nuzhrul.
Memang tidak ada larangan mutlak untuk hamil lagi setelah operasi caesar; namun umumnya jika jarak kehamilan berikut terlalu dekat (dengan kehamilan sebelumnya saesar) maka risiko untuk terjadinya robekan/pecahnya rahim saat persalinan berikutnya lebih tinggi. Karena itu biasanya disarankan menunda kurang lebih 1-2 tahun. Untuk riwayat hipertensi dalam kehamilan; masih kontroversi apakah sebaiknya ditunda atau tidak. Karena itu saran saya ibu menunda kehamilan lagi 1-2 tahun kemudian rencanakan kehamilan dengan baik. Kontrol rutin teratur kepada dokter kandungan anda lebih ketat supaya bisa dicegah munculnya terulangnya hipertensi dalam kehamilan. Semoga bermanfaat.

dr. Aldika Akbar SpOG
RS Husada Utama

Say Thanks
on 30 Apr 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Sebaiknya setelah 6 bulan aja ibu, lebih baik bila 1 tahun setelah operasi caesar. Sebaiknya ibu mulai sekarang sdh berkonsultasi dg dokter kandungan ibu, utk persiapan kehamilan berikutnya. Krn ibu menderita PreEklampsia kemungkinannya waktu itu, sehingga kehamilan berikutnya perlu dipersiapkan dg baik.

Say Thanks
on 30 Apr 2012
in partnership with