Profile
Hamil

apakah efek samping dari cycloprogynova?

apakah efek samping dari cycloprogynova?
Bandar Lampung

saya 25thn, baru 1 tahun menikah dan sudah mengikuti tes HSG hasilnya non-patent, lalu saya disarankan utk mengikuti terapi diatermi dan hidro.. sebelum saya melakukan diatermi, dokter menyuruh saya mengkonsumsi Cyclo-Progynova.. setiap kali dokter kandungan saya memberikan obat, pasti saya browsing untuk tau apa fungsi dan efek sampingnya.. kali ini saya menemukan beberapa artikel tentang cyclo-progynova, yg ingin saya tanyakan sebenarnya fungsi dari obat tsb itu apa? dan apa efek sampingnya? karena saya mendapat informasi kalau obat ini ditujukan utk sindrom klimakterik, dan haid saya teratur, paling hanya mundur sehari/ 2hari saja. lalu apakah dengan mengonsumsi obat tsb membantu tuba saya jadi patent? trimakasih banyak tim dokter. salam.

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Cycloproginova mengandung Estradiol valerate dan norgestrel. Keduanya merupakan sintetik hormon estrogen.

    Memang betul, penggunaan utama adalah untuk terapi pada kondisi-kondisi yang diderita akibat menopause (syndrome klimakterik). Namun demikian,tujuan dokter memberikan obat ini bukanlah untuk membuka tuba anda, melainkan untuk mencegah terjadinya gangguan / kekurangan hormon yang dapat terjadi setelah terapi diatermi dan hidro (tindakan pencegahan/ profilaksis)

    Efek samping yang dapat terjadi pada pemakaian obat ini adalah :
    - Perdarahan lewat vagina.
    - Mual, muntah / nyeri perut.
    - Sakit kepala.
    - Kemerahan pada kulit / ruam.
    - Perubahan / kenaikan berat badan

  • terimakasih dokter atas jawabannya,

    hari ini tablet terakhir saya konsumsi cycloproginova, saya merasakan mual dan kram perut. bulan kemarin saya sudah menyelesaikan terapi diatermi juga dok, apakah mungkin terjadi kehamilan dan apakah aman jika terjadi kehamilan dan sedang mengkonsumsi cycloproginova dok?

    terimakasih dokter,
    salam.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    obat Cyclo progynova diberikan dengan indikasi amenorhea dan gangguan menstruasi yang tidak teratur.

    Cyclo Progynova merupakan obat yang berbentuk tablet yang berisi 21 butir, obat ini dapat mengatasi masalah menstruasi. 21 tabletnya mengandung 11 tablet yang masing-masing mengandung zat Estradiol Valerat sebanyak 2 mg dan 10 tablet lainnya masing-masing mengandung Estradiol Valerat sebanyak 2 mg serta Norgestrel sebanyak 0,5 mg.

    jika anda ingin mengtetahui bahwa anda sedang hamil atau tidak sebaiknya anda mekakukan test pack. karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    namun sebaiknya anda mengkonsumsi obat tersebut atas saran dokter. maka sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk mengatasi keluhan anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan kanker yang banyak diderita orang terutama wanita. Deteksi kanker payudara sejak dini dengan melakukan pemeriksaan awal Mencegah Kanker Payudara Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya