MEETDOCTOR

Pregnancy

apakah efek samping dari cycloprogynova?

apakah efek samping dari cycloprogynova?
Seseorang
Bandar Lampung

saya 25thn, baru 1 tahun menikah dan sudah mengikuti tes HSG hasilnya non-patent, lalu saya disarankan utk mengikuti terapi diatermi dan hidro.. sebelum saya melakukan diatermi, dokter menyuruh saya mengkonsumsi Cyclo-Progynova.. setiap kali dokter kandungan saya memberikan obat, pasti saya browsing untuk tau apa fungsi dan efek sampingnya.. kali ini saya menemukan beberapa artikel tentang cyclo-progynova, yg ingin saya tanyakan sebenarnya fungsi dari obat tsb itu apa? dan apa efek sampingnya? karena saya mendapat informasi kalau obat ini ditujukan utk sindrom klimakterik, dan haid saya teratur, paling hanya mundur sehari/ 2hari saja. lalu apakah dengan mengonsumsi obat tsb membantu tuba saya jadi patent? trimakasih banyak tim dokter. salam.

Answers

2 answers

  • Cycloproginova mengandung Estradiol valerate dan norgestrel. Keduanya merupakan sintetik hormon estrogen.

    Memang betul, penggunaan utama adalah untuk terapi pada kondisi-kondisi yang diderita akibat menopause (syndrome klimakterik). Namun demikian,tujuan dokter memberikan obat ini bukanlah untuk membuka tuba anda, melainkan untuk mencegah terjadinya gangguan / kekurangan hormon yang dapat terjadi setelah terapi diatermi dan hidro (tindakan pencegahan/ profilaksis)

    Efek samping yang dapat terjadi pada pemakaian obat ini adalah :
    - Perdarahan lewat vagina.
    - Mual, muntah / nyeri perut.
    - Sakit kepala.
    - Kemerahan pada kulit / ruam.
    - Perubahan / kenaikan berat badan

  • terimakasih dokter atas jawabannya,

    hari ini tablet terakhir saya konsumsi cycloproginova, saya merasakan mual dan kram perut. bulan kemarin saya sudah menyelesaikan terapi diatermi juga dok, apakah mungkin terjadi kehamilan dan apakah aman jika terjadi kehamilan dan sedang mengkonsumsi cycloproginova dok?

    terimakasih dokter,
    salam.

Anda punya pertanyaan seputar Pregnancy ?
Ask Doctor
Antibiotik bukanlah obat sakti yang bisa mnyembuhkan berbagai penyakit. Salah penggunaan, justru bisa menyebabkan bakteri resisten pada antibiotik. Antibiotik, Awas Resistensi Hormon oksitosin memiliki efek beragam bagi tubuh, salah satunya mempertahankan berat tubuh ideal. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan produksi hormon oksitosin. Menurunkan Berat Badan dengan “Hormon Cinta”