Profile
Diabetes

Apakah efek samping obat generik diabetes dapat berpengaruh pada pencernaan?

Apakah efek samping obat generik diabetes dapat berpengaruh pada pencernaan?
Surabaya

Dokter, Ibu saya menderita sakit diabet lebih dari 5 tahun. Diabetnya disertai dengan gangren di jempol kaki kanan. Kemaren waktu beliau membersihkan lukanya, ibu menemukan potongan putih yang dikira itu tulang jempolnya karena ukuran jempol beliau mengerut. Akhir-akhir ini ibu mengeluhkan sakit pada perutnya, seperti maag. Apakah obat generik yang dikonsumsi ibu saya bisa berpengaruh pada pencernaannya tersebut? Lalu, apa saja efek samping yang ditimbulkan obat generik itu? Terima kasih

Answers

6 answers

  • Dear,

    Keterangan yang diberikan kurang lengkap mengenai obat . Disarankan periksa ke dokter.

    Terima kasih

  • dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD Penyakit Dalam (Dokter Internis)

    Masalah yang muncul pada perut bisa disebabkan infeksi atau karena diabetes
    yang sudah lama sehingga mengganggu saraf diperut sehingga ada gangguan.
    Tapi bisa juga disebabkan oleh hal lain sehingga ada gangguan pada lambung.
    Masalah obat generik, tergantung obatnya. Apakah obat itu punya efek
    samping yang mengganggu lambung.
    Putih2 yang ada dijempol kemungkinan adalah tendon / jaringan ikat di
    daerah jempol. Sebaiknya diperiksa apakah pembukuh darah dikaki masi baik.

  • Dr. Jesslyn Valentina Jonathan : Obatnya glibenclamide sama metformin dok...

    dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD : Separah apa itu, Dok? Untuk perut apa perlu saya tes dok?

    Terima kasih

  • Dr. Jesslyn Valentina Jonathan : Obatnya glibenclamide sama metformin dok...

    dr. Harbanu Hermawan Mariyono, SpPD : Separah apa itu, Dok? Untuk perut apa perlu saya tes dok?

    Terima kasih

  • Selamat malam Tira

    Berikut beberapa penyebab sakit di ulu hati yang menyerupai sakit maag:

    Sindrom iritasi usus. Selain rasa sakit di ulu hati, kondisi yang menyerang usus besar ini juga menyebabkan kram, perut kembung, buang gas dan perubahan frekuensi buang air besar.

    Kondisi ini mungkin terjadi karena dinding usus yang dilapisi oleh lapisan otot bergerak lebih kuat dan lama dibandingkan biasanya ketika membawa makanan dari perut melalui saluran usus menuju anus.

    Penyebab pasti kondisi ini sebenarnya belum bisa dipastikan, namun ada beberapa hal yang diduga bisa memicu sindrom iritasi usus. Mereka yang berisiko tinggi terkena sindrom ini di antaranya adalah wanita, orang-orang yang berusia 45 tahun ke bawah, memiliki anggota keluarga yang mengidap sindrom iritasi usus, dan memiliki gangguan kesehatan mental, seperti depresi dan sering cemas.

    Tukak peptik. Tukak peptik adalah luka pada lapisan dinding lambung atau usus kecil . Hal ini terjadi ketika zat asam dalam saluran pencernaan merusak permukaan dalam lambung atau usus kecil. Zat asam tersebut bisa membuat luka terbuka yang sangat menyakitkan atau mungkin membuatnya berdarah.

    Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan penggunaan obat-obatan (aspirin, ibuprofen, naproxen, ketoprofen, bisphosphonates, dan suplemen potasium). Tukak lambung tidak disebabkan oleh makanan pedas atau stres.

    Meski jarang terjadi, tukak peptik juga bisa ditandai dengan muntah darah, darah pada tinja, mual, perubahan selera makan serta penurunan berat badan.

    Pankreatitis. Pankreas adalah organ yang menghasilkan enzim yang membantu proses pencernaan dan hormon dalam mengatur upaya tubuh dalam memproses gula. Pankreatitis terjadi ketika pankreas meradang.

    Rasa sakit akut bisa dirasakan hingga ke punggung yang biasanya diiringi dengan muntah. Gejala lainnya adalah perubahan warna di sekitar pusar atau panggul, perut kaku, dan rasa sakit pada perut kian parah seusai makan. Pankreatitis kronis bisa menyebabkan penurunan berat badan dan tinja yang berbau tidak biasa serta berminyak.

    Penyakit kantong empedu. Kantong empedu adalah kantong kecil yang berada di bawah hati. Kantong ini menyimpan dan mengkonsentrat cairan yang membantu tubuh mencerna lemak yaitu cairan empedu.

    Jika kantong empedu bermasalah, akan merasakan sakit perut yang luar biasa secara konstan yang bisa diiringi dengan demam, mual, muntah, tubuh gemetar, tinja berubah warna, dan nyeri dada.

    Kanker lambung. Penyakit ini terjadi ketika sel kanker ganas terbentuk di lambung. Kalangan yang berisiko tinggi mengalami kanker lambung adalah pria, perokok, berusia 55 tahun ke atas, sering mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi, dan memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit ini.

    Selain sakit di ulu hati, kanker lambung juga akan membuat penderitanya muntah dan terjadi penurunan berat badan.

    Mengingat banyaknya kemungkinan penyebab keluhan ibu anda, sebaiknya anda memeriksakan ibu anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya USG abdomen sehingga diketahui penyebab keluhan ibu anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Kombinasi Antidiabetika Oral Kombinasi Metformin dan Glibenklamid :
    Kombinasi ini sangat cocok digunakan untuk penderita diabetes melitus tipe 2 pada pasien yang hiperglikemianya tidak bisa dikontrol dengan single terapi (metformin atau glibenklamid saja), diet, dan olahraga. Di samping itu, kombinasi ini saling memperkuat kerja masing-masing obat, sehingga regulasi gula darah dapat terkontrol dengan lebih baik. Kombinasi ini memiliki efek samping yang lebih sedikit, apabila dibandingkan dengan efek samping apabila menggunakan monoterapi (metformin atau glibenklamid saja). Metformin dapat menekan potensi glibenklamid dalam menaikkan berat badan pada pasien diabetes melitus tipe 2, sehingga cocok untuk pasien diabetes melitus tipe 2 yang mengalami kelebihan berat badan (80% dari semua pasien diabetes melitus tipe 2 adalah terlalu gemuk dengan kadar gula tinggi sampai 17-22 mmol/l).

Anda punya pertanyaan seputar Diabetes ?
Ask Doctor
Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini Sulit Konsentrasi? Coba Cara Ini 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita