Profile
Menopause

apakah gejala ini normal??

apakah gejala ini normal??
Jakarta

ibu saya sudah berumur 47 tahun dulu menstruasi ibu saya normal seperti biasa namun 1 tahun belakangan ini menstruasi ibu saya mulai tidak normal seperti biasanya, contohnya ibu saya 2 bulan tidak mengalami menstruasi lalu akhirnya menstruasi namun jumlahnya sangat banyak bisa sampai satu tempat tidur terkena darah, lalu contoh lain 6 bulan ibu saya tidak menstruasi lalu sekarang sedang menstruasi namun sudah 10 hari menstruasi ibu saya belum kunjung berhenti, dan menstruasinya banyak sekali sampai keluar gumpalan-gumpalan hitam. banyak orang bilang umur 47 sudah saatnya memasuki menopause namun yang saya tau gejala menopause itu haid lama kelamaan akan makin sedikit, namun haid ibu saya tidak teratur dan saat haid banyak sekali, apakah ini normal? tolong penjelasannya.

Answers

4 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Bagaimana siklus sebelum ini?

  • siklus haid ibu saya sebelumnya normal dan tidak ada masalah, baru 1 tahun belakangan ini seperti ini, tolong penjelasannya apakah ini normal?

  • please somebody just answer the question

  • Selamat pagi,

    Menopause umumnya terjadi atau dialami pada usia antara 40-50 tahun, dan ini merupakan keadaan normal yang akan dialami semua wanita. Namun proses menuju menopause telah dimulai beberapa tahun sebelumnya. Salah satunya ditandai dengan berubahnya siklus haid. Ini karena terjadi ketidakseimbangan dari hormon. Pada wanita pramenopause sering terjadi menstruasi anovulasi (tidak dihasilkan sel telur saat masa subur oleh indung telur).

    Di masa pra menopause ini, mula-mula siklus haid akan lebih pendek dari biasanya. Ini karena adanya kombinasi proses pengelepasan sel telur (ovulasi) yang lebih sering, dengan makin pendeknya fase luteral, yakni masa antara ovulasi dan dimulainya siklus haid baru, yang normalnya 12-16 hari. Volume darah haid yang terjadi akan lebih banyak, dan frekuensi haid juga lebih sering. Namun akhirnya, siklus haid menjadi lebih panjang ketika jumlah sel telur yang dilepaskan menjadi semakin berkurang. Volume darah haid menjadi lebih sedikit dan proses ovulasi juga menjadi sporadis : kadang melepaskan sel telur, kadang tidak.

    Semua perubahan ini normal ketika Anda mendekati menopause. Namun gangguan haid juga dapat disebabkan oleh hal lain diantaranya adanya gangguan/penyakit pada organ reproduksi. Sehingga disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui apakah perdarahan haid ibu karena faktor hormonal atau faktor lainnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menopause ?
Ask Doctor
Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita