Profile
Infeksi Telinga

apakah gendang telinga bisa membentuk lagi?

apakah gendang telinga bisa membentuk lagi?
SENGKOL, PUJUT, NTB

saya mengalami sakit telinga sudah sekitar 3 bulan. 1 bulan yang lalu saya pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis THT, beliau mengatakan kalau gendang teling saya pecah dan saya hanya diberikan resep obat dalam saja, tidak ada obat tetes. apakah gendang telinga saya akan kembali seperti semula? dan apakah telinga saya akan sembuh jika hanya diberikan obat dalam tanpa bantuan obat luar???

Answers

9 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat Pagi,

    Timbulnya lubang pada gendang telinga memang biasa terjadi pada infeksi telinga. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobatinya. Antibiotik yang diberikan secara diminum (obat dalam) justru bekerja lebih luas dan lebih dalam daripada antibiotik yang diberikan secara tetes telinga, karena obat yang kita minum tersebut akan beredar di semua pembuluh darah di tubuh termasuk telinga.

    Apabila antibiotik yang diberikan mampu mengatasi infeksi telinga tersebut, maka proses penyembuhan akan terjadi. Apabila lubang di gendang telinga berukuran kecil dan berada di daerah bawah gendang telinga (marginal /non-attic) biasanya lubang tersebut akan kembali menutup dengan sendirinya dan kembali membentuk gendang telinga secara utuh, walaupun hal ini dapat memakan waktu yang agak lama.

    Setelah sembuh usahakan jangan sampai terkena infeksi lagi, karena apabila gendang telinga mengalami keadaan berlubang secara berulang akan menyebabkan sulit sembuh dan dapat menyebabkan lubang yang permanen pada gendang telinga.

    Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

  • Tapi sampai sekarang telinga saya masih mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan meskipun hanya sedikit. Apakah diperlukan obat tetes? dan nama obatnya apa dok??

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Itu menandakan masih adanya infeksi di telinga. Kemungkinan antibiotik yang harus diberikan sekarang harus lebih kuat dibandingkan pengobatan antibiotik sebelumnya, sehingga antibiotik tetes telinga saja tidak akan cukup untuk menangani infeksi ini.

    Saya menyarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter THT. Dokter biasanya akan merubah antibiotik yang pernah diberikan dengan antibiotik yang lebih sesuai dengan kondisi infeksi telinga anda.

  • dr. Emmy Pramesthi Soelistijani, Sp THT-KL dr. Emmy Pramesthi Soelistijani, Sp THT-KL Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher

    Seringkali kita berpikir sakit telinga, maka selalu dibutuhkan obat tetes telinga. Penggunaan tetes telinga haruslah sesuai indikasi yang tepat. Tidak semua sakit telinga harus diberi tetes telinga ( antibiotik). Penggunaan tetes telinga yang tidak tepat dapat berakibat terjadinya ototoksik( merusak saraf telinga), yang dapat makin memperberat terjadinya penurunan pendengaran.
    Apakah gendang telinga dapat kembali menutup? Gendang telinga dapat menutup, namun kadangkala membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan - bulan. Hal ini dipangaruhi besarnya perforasi (lobang) pada gendang telinga itu sendiri, redanya infeksi telinga tengah. Makin sering kambuh infeksi pada telinga tengah, makin sulit gendang telinga menutup.
    Bila tidak dapat menutup, telinga tenang tidak terdapat infeksi.... Maka dapat dilakukan tindakan pembedahan untuk menutup gendang telinga.

    Semoga bermanfaat.

  • User

    asss wr wb
    dok gendang telingahku bocor itu hari infeksi sudah kasih obat tp belum juga sembung sampai sekarang sudah 5 bulan lebih ,,,,,bagaimana supaya bisa sembung dok ,,,,,,apakah bisa kembali normal dok????

  • User

    Dok sy mau tny,apakahgendang telinga robek pada anak balita bisa kembali tumbuh normal,trimz

  • User

    Dok.apakah gendang telinga yang robek pada balita akan cepat kembali normal

  • Selamat siang,

    Gendang telinga/membran timpani/tympanic membrane/eardrum adalah suatu membran/selaput yang terletak antara telinga luar dan telinga tengah. Fungsi membran ini sangat vital dalam proses mendengar. Bila terjadi kerusakan pada membran ini dapat dipastikan bahwa fungsi pendengaran seseorang terganggu.

    Penyebab robeknya membran ini antara lain disebabkan oleh infeksi telinga tengah (otitis), trauma baik secara langsung maupun tidak langsung misalnya tertusuk alat pembersih kuping, suara ledakan yang berada di dekat telinga kita, menyelam dengan kedalaman yang dianggap tidak aman, trauma kepala akibat kecelakaan kendaraan bermotor dan sebagainya.

    Umumnya dokter akan menangani keadaan akut ini dahulu dengan meredakan gejala dan sumber penyebabnya sambil dievaluasi kondisi membran/gendang telinganya. Pada beberapa kasus, gendang telinga yang robek dapat kembali normal bila gejala dan sumber penyebabnya telah tertangani.

    Bila robekan gendang telinga ini, tidak menutup spontan, biasanya akan disarankan penutupan gendang telinga ini melalui prosedur pembedahan/operasi (tentu setelah dievaluasi manfaat penutupan membran ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi pendengaran, mencegah bahaya infeksi berulang pada telinga tengah).

    Terima kasih telah menggunakan, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Gendang telinga yang letaknya ada di bagian tengah telinga merupakan lapisan penting yang membantu telinga berfungsi sebagaimana mestinya dan sebagai pelindung. Gendang telinga memiliki struktur yang sangat rapuh dan rentan mengalami cidera. Cidera yang dialami oleh gendang telinga adalah berupa gendang telinga yang pecah atau robek, yang terjadi dengan gejala-gejala berikut:

    1.Timbulnya rasa sakit yang menusuk namun cepat surut.
    2.Keluar cairan yang bercampur dengan darah, banyak mengandung nanah, hingga cairan yang jenih dari dalam telinga.
    3.Hilangnya kemampuan mendengar.
    4.Telinga berdenging atau tinnitus.
    5.Mengalami vertigo.
    6.Munculnya rasa mual dan muntah yang muncul akibat adanya vertigo.

    Untuk pengobatannya sendiri, biasanya dokter harus melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap kondisi gendang telinga anda, apakah kerusakan atau robeka yang terjadi dapat disembuhkan dengan obat atau tidak. selain itu yang terpenting adalah mencegah timbulnya infeksi sekunder yang di akibatkan dari pecahnya gendang telinga juga menjadi perhatian utama, sehingga di sarankan untuk anda memeriksakan secara langsung hal ini ke dokter spesialis THT agar anda mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut terdapat artikel terkait :

    Terima Kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga membantu ya.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi Telinga ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA?