x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
apakah gendang telinga bisa membentuk lagi?
on 21 Jun 2012

saya mengalami sakit telinga sudah sekitar 3 bulan. 1 bulan yang lalu saya pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis THT, beliau mengatakan kalau gendang teling saya pecah dan saya hanya diberikan resep obat dalam saja, tidak ada obat tetes. apakah gendang telinga saya akan kembali seperti semula? dan apakah telinga saya akan sembuh jika hanya diberikan obat dalam tanpa bantuan obat luar???

Seseorang
SENGKOL, PUJUT, NTB

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat Pagi,

Timbulnya lubang pada gendang telinga memang biasa terjadi pada infeksi telinga. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobatinya. Antibiotik yang diberikan secara diminum (obat dalam) justru bekerja lebih luas dan lebih dalam daripada antibiotik yang diberikan secara tetes telinga, karena obat yang kita minum tersebut akan beredar di semua pembuluh darah di tubuh termasuk telinga.

Apabila antibiotik yang diberikan mampu mengatasi infeksi telinga tersebut, maka proses penyembuhan akan terjadi. Apabila lubang di gendang telinga berukuran kecil dan berada di daerah bawah gendang telinga (marginal /non-attic) biasanya lubang tersebut akan kembali menutup dengan sendirinya dan kembali membentuk gendang telinga secara utuh, walaupun hal ini dapat memakan waktu yang agak lama.

Setelah sembuh usahakan jangan sampai terkena infeksi lagi, karena apabila gendang telinga mengalami keadaan berlubang secara berulang akan menyebabkan sulit sembuh dan dapat menyebabkan lubang yang permanen pada gendang telinga.

Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

1 Thanks
on 21 Jun 2012
SENGKOL, PUJUT, NTB

Tapi sampai sekarang telinga saya masih mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijauan meskipun hanya sedikit. Apakah diperlukan obat tetes? dan nama obatnya apa dok??

Say Thanks
on 21 Jun 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Itu menandakan masih adanya infeksi di telinga. Kemungkinan antibiotik yang harus diberikan sekarang harus lebih kuat dibandingkan pengobatan antibiotik sebelumnya, sehingga antibiotik tetes telinga saja tidak akan cukup untuk menangani infeksi ini.

Saya menyarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter THT. Dokter biasanya akan merubah antibiotik yang pernah diberikan dengan antibiotik yang lebih sesuai dengan kondisi infeksi telinga anda.

Say Thanks
on 21 Jun 2012
Dokter Spesialis Penyakit THT - Kepala Leher
Rumah Sakit Husada Utama, Surabaya

Seringkali kita berpikir sakit telinga, maka selalu dibutuhkan obat tetes telinga. Penggunaan tetes telinga haruslah sesuai indikasi yang tepat. Tidak semua sakit telinga harus diberi tetes telinga ( antibiotik). Penggunaan tetes telinga yang tidak tepat dapat berakibat terjadinya ototoksik( merusak saraf telinga), yang dapat makin memperberat terjadinya penurunan pendengaran.
Apakah gendang telinga dapat kembali menutup? Gendang telinga dapat menutup, namun kadangkala membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan - bulan. Hal ini dipangaruhi besarnya perforasi (lobang) pada gendang telinga itu sendiri, redanya infeksi telinga tengah. Makin sering kambuh infeksi pada telinga tengah, makin sulit gendang telinga menutup.
Bila tidak dapat menutup, telinga tenang tidak terdapat infeksi.... Maka dapat dilakukan tindakan pembedahan untuk menutup gendang telinga.

Semoga bermanfaat.

Say Thanks
on 21 Jun 2012
in partnership with