Profile
Kesehatan Wanita

Apakah haid saya masih bisa dikatakan normal?

Apakah haid saya masih bisa dikatakan normal?
Surabaya

saya seorang wanita berumur 25 tahun. Saya mengalami menstruasi pertama saya sejak usia 11 tahun. Selama 6tahun, siklus haid saya tidak teratur (selalu terlambat). Namun ketika saya berusia 17 tahun, siklus haid saya sudah mulai datang tepat waktu tiap bulannya. Enam bulan belakangan ini saya mengalami haid yang tidak seperti biasanya, yaitu pada hari pertama haid sampai hari keempat yang keluar adalah darah yang berwarna kecoklatan dan sedikit. Baru setelah hari keempat atau kelima darah yang keluar berwarna merah. Selain itu saya rasa jumlah darah yang keluar juga tidak sebanyak dulu. Kalau dulu saya bisa menghabiskan sekitar 30 pembalut dalam satu masa haid tetapi sekarang ini saya hanya menghabiskan sekitar 10 saja. Apakah ada yang salah dengan saya dok? Saya takut kalau saya mengalami menopause dini. Terimakasih atas jawabannya..

Answers

1 answers

  • Selamat pagi,
    Kemungkinan Anda mengalami gangguan siklus haid. siklus Siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :
    • Amenorrhoea Keadaan di mana tidak terjadinya mentruasi selama 3 bulan berturut-turut.
    • Oligomenorea merupakan suatu kondisi dimana siklus haid lebih panjang, lebih dari 35 hari (nomal: 25-35 hari)
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, gangguan hormonal yang disebabkan karena stress, depresi, penurunan berat badan berlebihan, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll.
    Ada beberapa hal yag dapat anda lakukan untung mengatasi gangguan haid ini, diantaranya adalah :
    • Menghindari aktifitas fisik yang berlebihan
    • Menghinari stress
    • Mengkonsumsi Gizi seimbang
    • Menghindari minuman alkohol , rokok dan minuman soda
    Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika berlangsung terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter Kandungan.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Kehamilan pertama biasanya akan membuat calon ibu senang sekaligus khawatir, karena belum berpengalaman. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan selama masa kehamilan. Kehamilan Pertama Kalinya Setiap calon ibu mengharapkan proses kehamilannya berjalan lancar, sehat dan selamat. Inilah yang harus dikonsumsi ibu hamil agar kebutuhan gizinya terpenuhi. Kecukupan Gizi Selama Kehamilan