x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Apakah ibu hamil boleh minum obat demam, flue dan batuk?
on 13 Mar 2012

Selamat sore dok, sekarang istri saya sedang hamil jalan 7 bulan. Saat ini dia sakit flu, demam, dan batuk-batuk. Bagaimana solusinya dok apa boleh makan obat batuk dan demam?

Johan Kho
Indonesia

4 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

selamat sore Pak Johan..

tergantung dari komposisi obatnya pak.. ada beberapa obat yg tidak direkomendasikan untuk diminum saat kehamilan..

Food and Drug Administration (FDA), atau BPOM-nya (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Amerika Serikat, membuat sebuah sistem klasifikasi tingkat keamanan sebuah obat. Sistem klasifikasi ini dibuat agar memudahkan para dokter memahami risk-benefit ratio sebuah obat sesuai kategori klasifikasinya.
 Kategori A : studi terkontrol pada ibu hamil tidak menunjukkan adanya peningkatan resiko untuk terjadinya kelainan janin apabila diberikan selama kehamilan.

 Kategori B : studi pada binatang percobaan tidak menunjukan adanya resiko pada janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada ibu hamil. Atau Studi terhadap reproduksi binatang percobaan menunjukan adanya efek samping, tetapi penelitian pada bumil tidak menunjukkan adanya resiko pada janin pada trimester I kehamilan dan tidak ada bukti beresiko pada trimester berikutnya.

 Kategori C : studi pada binatang percobaan menunjukkan adanya efek samping (teratogenik atau embriosidal atau memiliki efek lain), dan tidak ada studi terkontrol pada ibu hamil. Atau belum ada studi terhadap wanita dan binatang percobaan.
Obat ini hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko terhadap janin. Hampir dua pertiga dari seluruh obat termasuk kategori ini.

 Kategori D : adanya bukti positif mengenai resiko obat ini terhadap janin, tetepi obat ini masih diperbolehkan untuk diberikan pada wanita hamil, jika besarnya manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko terhadap janin (misalnya jika obat ini diperlukan untuk mengatasi keadaan yang mengancam jiwa atau penyakit serius apabila obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif)

 Kategori X : studi pada binatang percobaan atau manusia memperlihatkan abnormalitas pada janin atau tidak terbukti beresiko pada janin dan besarnya resiko obat ini pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaat yang diharapkan. Dilarang penggunaannya pada wanita hamil atau yang memiliki kemungkinan untuk hamil.

obat demam yang aman adalah acetaminophen/paracetamol.. termasuk kategori B

obat batuk yang mengandung ctm, acetylcysteine aman dikonsumsi (kategori B)
sedangkan yang mengandung kortikosteroid termasuk kategori C, DMP kategori C, gg termasuk kategori C, efedrin dan pseudoefedrin kategori C.

namun penggunaannya harus tetap berdasarkan petunjuk dari dokter..

Semoga bermanfaat pak!

Say Thanks
on 13 Mar 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Melihat usia kehamilan ibu yg sdh 7 bln, maka ibu bisa mengkonsumsi obat2 Flu dan batuk yg ada di Pasaran bebas. Apabila sudah tidak ada gangguan batuk-flunya obat dapat dihentikan. Tetapi apabila 3 hari ibu konsumsi obat tsb tidak ada perbaikan atau semakin berat keluhannya, maka disarankan utk kontrol ke dokter ibu. Terimakasih

Say Thanks
on 13 Mar 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
RS Unair & National Hospital, Surabaya

Dengan usia kehamilan 7 bulan, boleh minum obat2 flu, tetapi sebaiknya tetap dgn resep dokter krn obat2an yg diberikan sebaiknya seminimal mgkn saat hamil.

Say Thanks
on 13 Mar 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Jakarta, Indonesia

Haloooo duh maaf sekali sepertinya saya terlambat menjawab karena kesalahan teknis, anyway bagaimna sekarang keadaaan istri tercinta apakah masih sakit?kalau masih boleh saja diberikan obat flu seperti flutamol tablet 3x1 selama 5 hari, tidak berbahaya pada janin, trimester ke 3, bisa ditambahkan dengan vitamin C 1x1 ya.....plus madu juga boleh agar menambah daya tahan tubuh.....semoga cepet sembuh


Dr Kartika Hapsari, SpOG

Say Thanks
on 23 Mar 2012
in partnership with