Apakah ini penyakit mulut?
on 25 Jun 2012

Selamat siang dokter,

saya mohon petunjuknya mengenai gangguan yang sudah 5 hari belakangan ini saya rasakan di dalam mulut saya dengan gejala-gejala sbb:
- mulut terasa kering, terutama bagian bibir (bibir terlihat seperti ada lapisan putih)
- lidah terasa seperti kebas, tidak bisa mengecap rasanya makanan dgn baik (saat makan mangga sekarang ini terasa berbeda rasanya dibanding saat makan mangga dalam kondisi lidah normal. saat makan makanan bersambal, tidak tahan, rasanya perih di lidah & dinding mulut).
- saat lidah diangkat ke atas, terasa sakit dibagian bawah lidah yg menempel ke bagian bawah mulut, rasa sakitnya seperti otot ditarik.
- bagian dinding mulut terasa seperti kulit sedang mengelupas
- kalau saya lihat ke bagian dalam mulut, tidak ada perubahan warna (tidak merah)
- kalau lidah saya gosokkan ke dinding mulut terasa sakit seperti lidah saya baru terkena air yang panas sekali.
Sebagai informasi tambahan, saya mengalami hal ini sudah 5 hari. Mengurangi selera makan saya, karena makanan apapun yang saya makan tidak enak rasanya. Saat makan juga terasa sakit seperti kalau kita makan sedang terkena sariawan, tetapi tidak perih.
Saya bingung sekali dengan gangguan yang saya alami di sekitar mulut & lidah saya ini, hal ini baru pertama kali saya alami. Saya perhatikan juga tidak ada sariawan di dalam mulut saya.
Sebenarnya penyakit apa yang sedang saya alami dengan mulut & lidah saya ini ya dokter?
Mohon jawabannya. Terima kasih.
Ratna

Ratna Septasari
Jakarta

19 Answers

Hallo, Ratna. Selamat sore.

Lapisan dalam mulut dan bibir anda yang kering kemungkinan besar karena anda kekurangan cairan. Minum air putih 2Liter per hari yaitu kira2 8 gelas air putih / hari.

Ada beberapa hal yang ingin saya ketahui,
1. Apakah kedua ujung bibir/mulut anda kering dan perih seperti berkerak?
2. Apakah lidah anda terdapat lapisan tebal berwarna putih?
3.Apakah sebelumnya anda ada minum air yang sangat panas tiba-tiba?

Jika keadaan diatas tidak ada. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter penyakit gigi dan mulut.
Semoga membantu.

2 Thanks
on 25 Jun 2012

Terima kasih dok utk responnya.
Setiap hari saya minum air minimal 2 liter, tetapi sejak hr kamis lalu saya mengalami gangguan ini, saya tingkatkan menjadi 3-4 liter. Sejak kamis lalu, saya minum vitamin C 1000mg di siang hari dan 1000mg di sore hari, minum propolis 3 kali sehari dan makan buah 3 porsi sebagai sarapan saya (saya terbiasa dengan sarapan hanya makan buah, tidak makan yg lain). Menjawab pertanyaan dokter:
1. tidak ada kerak di ujung bibir, tidak terasa perih
2. lidah tidak terdapat lapisan tebal berwarna putih
3. sebelumnya saya tidak minum air panas tiba-tiba.
Bagaimana ya dok? Saya sudah menjaga pola makan yang sehat & makan makanan sehat tetapi mengalami hal ini, krn itu saya bingung apa yg terjadi dgn mulut saya ini.
Mohon dokter berkenan meresponi keluhan saya ini. Terima kasih.

Say Thanks
on 25 Jun 2012

Sebaiknya anda jangan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C. Kebutuhan vitamin C kira-kira hanya 100 gram/hari.

Karena saya tidak dapat melakukan pemeriksaan langsung ke rongga mulut anda. Jadi sangat sulit untuk mengetahui penyebab keluhan anda sekarang. Saran saya tetap minum air yg cukup, makan makanan bergizi, kurangi stress. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit gigi dan mulut jika keluhan ini menetap.

Semoga membantu, Ratna.

2 Thanks
on 25 Jun 2012

Dok, apakah Orang Banyak Pikiran (Cemas) bisa mengakitbatkan Lidah berwarna putih? berhubung saya sering mengalami lidah putih.

Say Thanks
on 18 Sep 2012
Banjarmasin

mbak ratna sekarang bagaimana kabarnya??? apakah keluhan mbak sudah hilang??? kalau sudah saya minta sarannya bagaimana cara penyembuhannya, karena skrg saya mengalami hal yg serupa dgn mbak dulu...

Say Thanks
on 16 May 2013
Yogyakarta

Mba Ratna, bagaimana kabarnya sekarang? setelah dari dokter, apa diagnosanya? karena saya mengalami hal yang hampir sama, tapi bedanya tidak sampai ada putih-putih dimulut, dan setelah dari dokter, katanya kondisi mulut saya baik-baik saja. mungkin dr.fresia bisa menambahkan infomasinya? sampai saat ini mulut terasa aneh. dan ini sudah saya alami sekitar kurang 3 minggu ini. thanks

Say Thanks
on 28 Aug 2013
Dokter Gigi
Madiun, Jawa Timur

Halo,Amie. Mungkin bisa diperjelas lagi keluhan yang dialami? Bagaimanakah yang dimaksud dengan mulut terasa aneh? Mungkin saya bisa membantu.

Terima kasih

Say Thanks
on 28 Aug 2013
Yogyakarta

Thanks dokter didin atas responnya.... Semua berawal dari rasa aneh yang kuvrasakan di lidah, dinding bibir (depan-dalam). Rasanya seperti kayak habis kena air panas.. Padahal tidak dalam kondisi habis kena air panas... Ceritanya waktu tgl 8, saya memang banyak minum soda, 5 hari sebelumnya saya berkendara selama kurang lebih 12 jam dan saya muntah sampai benar-benar isi perut keluar semua. Tgl 9 nya tiba-tiba dinding mulut terasa tebal dan lidah juga tebal dan rasanya kayak habis kena air panas tadi... Awalnya saya cuek, karena saya pikir ini hal biasa karena habis muntah atau mungkin kebanyakan minum soda, pasti sembuh sendiri. Ternyata rasa itu berlangsung seminggu lebih, sampai sempat tidak bisa mengecap rasa makanan, kalau kena sambel sedikit saja perihnya minta ampun (padahal saya termasuk penggemar sambel), sampai sempat jadi sariawan, karena bingung ngunyahnya (tidak nyaman), air liur terasa lebih banyak. Sempat berangsur normal waktu tgl 17-18, sampai pada 24 terjadi lagi rasa seperti tgl 9 itu. Malamnya memang sempat minum soda. Oiya, sebelum kejadian semua itu, sempat makan kue sagu atau kue putih (kalo gak salah namanya) agak banyak. Dan perasaan dinding bibir tebal, perih kalo didiamkan kayak bibir kering, lidah kayak habis kena air panas, dan itu sudah berlangsung sampai hari ini. Mengecap makanan rasanya aneh, tidak terlalu jelas rasa makanan itu. Sudah smpat ke dokter gigi dan mulut, dia juga bingung ini kasus apa, akhirnya cuma dikasi obat kumur dan obat alergi dan diminta memakai pasta gigi semual (info: saya juga pas puasa sempat ganti pasta gigi). Kira-kira itu yang bisa saya ceritakan, kalau ditanya rasa aneh itu bagaimana, ya rasa yang tidak biasanya, dan sempat cari info juga sampai saya kira kalau saya ternfeksi jamur candida. Semoga dokter bisa menemukan solusi atau mungkin info apa yang saya alami ini. Terima kasih. Maaf ceritanya terlalu panjang.

Say Thanks
on 28 Aug 2013
Dokter Gigi
Madiun, Jawa Timur

Hallo,Amie..
Rasa seperti kena air panas padahal memang tidak terkena air panas biasanya kita sebut dengan "Burn Sensation" atau rasa terbakar akibat reaksi dari sesuatu hal, sehingga penderita memang biasanya merasa kondisi rongga mulut seperti panas dan terbakar dan pada kasus yang parah dapat mengurangi sensasi dalam pengecapan. Dalam hal ini memang bisa disebabkan karena minum soda yang terlalu banyak mengandung asam. Seperti diketahui kondisi rongga mulut yang terlalu asam sangat mempengaruhi kesehatannya. Apakah sudah lama mengkonsumsi soda? Saran saya,memang sebaiknya mengurangi konsumsi soda dan untuk bibir yang luka,kering bisa dibantu dengan obat kumur atau obat oles mulut untuk dioleskan pada bibir yang kering.

Mungkin demikian yang bisa saya bagikan. Semoga bisa membantu.
Terima kasih.

Say Thanks
on 29 Aug 2013
Yogyakarta

Terimakasih atas responnya dokter Didin,

sebenarnya saya bukan penggemar minuman soda, karena saya paling hanya meminumnya kalau benar-benar ingin... bisa jadi, karena memang kemarin itu setelah sekian lama saya tidak minum, sekalinya minum dengan jumlah (yang menurut saya) banyak.

apakah ini ada pengaruhnya juga dengan waktu saya muntah itu ya dok? karena, sempat juga tenggorokan saya sakit.

semoga segera ketemu permasalahannya apa ya dok...

terimakasih

Say Thanks
on 29 Aug 2013
Yogyakarta

melanjutkan di atas, bagaimana solusi dari Burn Sensation tadi dok? selain mengurangi soda tadi (kebetulan memang saya bukan termasuk sering konsumsi), karena sangat mengganggu, makanan terasa aneh, dan mulut terasa "aneh" seperti yang saya bilang sebelumnya.

terima kasih

Say Thanks
on 29 Aug 2013
Dokter Gigi
Madiun, Jawa Timur

Halo,Amie.
Boleh saya bertanya beberapa hal lagi :
1. Berapakah sekarang usianya ?
2. Jenis kelamin wanita atau pria ?
3. Apakah punya kebiasaan seperti : merokok?
4. Apakah mempunyai riwayat penyakit sebelumnya, seperti misalnya penyakit ginjal,jantung,dsbnya?
5. Apakah keluhan tersebut saat ini masih sering muncul?

Terima kasih
Apakah rasa aneh tersebut masih ada sampai sekarang?

Terima kasih.

Say Thanks
on 29 Aug 2013
Yogyakarta

Halo Dokter Didin,
Jawabannya :
1. Berapakah sekarang usianya ?
- 27 tahun
2. Jenis kelamin wanita atau pria ?
- wanita
3. Apakah punya kebiasaan seperti : merokok?
- tidak
4. Apakah mempunyai riwayat penyakit sebelumnya, seperti misalnya penyakit ginjal,jantung,dsbnya?
- tidak
5. Apakah keluhan tersebut saat ini masih sering muncul?
- tidak, ini untuk pertama kali
6. Apakah rasa aneh tersebut masih ada sampai sekarang?
- sekarang, berangsur-angsur normal, tapi masih terasa "aneh" sedikit, untuk info : saya kembali menggunakan pasta gigi sebelum "rasa aneh" ini timbul, saya juga masih menggunakan obat kumur dari dokter, dan masih minum obat alergi dari dokter juga.

terima kasih dok...

Say Thanks
on 30 Aug 2013
Dokter Gigi
Madiun, Jawa Timur

Halo,Amie.
Baiklah. Dari beberapa pertanyaan tersebut, sepertinya keluhan rasa "aneh" tersebut kemungkinan besar memang disebabkan karena minuman bersoda. Karena untuk penyebab lain dari 'burn sensation" biasanya adalah pada wanita yang mengalami menopause atau pada pasien dengan kelainan sistemik (penyakit ginjal,diabet atau penyakit metabolik lainnya).
Semoga cepat membaik ya.
Terima kasih.

1 Thanks
on 02 Sep 2013
Jakarta

sorry ikutan mau tanya... saya baru kemaren sore ke dokter gigi. periksa karena gigi bungsu saya tumbuh jadi tersasa sakit..saat periksa dilihat karang gigi saya harus dibersihkan. jadi kemaren saya melakukan pembersihan karang gigi. lalu dokter kasih saya obat minum dan obat kumur. malam sebelum tidur saya kumur-kumur dengan obat kumur. tapi paginya ujung lidah saya terasa baal dan saat makan tidak dapat merasa rasa makanan...
apakah ada pengaruh dengan obat kumurnya? dan apakah baal ini akan pemanen karena sampe sore ini aja terasa masih baal.

thanks...

Say Thanks
on 12 Sep 2013
Dokter Gigi
Madiun, Jawa Timur

Halo,Theresia..
Bisa saja dikarenakan karena obat kumurnya.
Penggunaan obat kumur tertentu terkadang harus diencerkan terlebih dahulu untuk mengurangi efek baal -nya.
Demikian semoga membantu.
Terima kasih.

Say Thanks
on 02 Oct 2013
Jakarta

thanks ya dokter didin atas infonya...
salam kenal.

Say Thanks
on 02 Oct 2013
Jakarta

slamat siang dok,maap dok sya juga mengalami lidah terasa seperti trkena air panas,maap dok saya mw tanya,apakah yang saya alami ini berpengaruh terhadap infeksi yang ada digusi saya(saya sedang perawatan)?apakah karena saya juga sedang mengalami gejala flu npanas dalam dok?

Say Thanks
on 16 Nov 2013
Nunukan

selamat Siang dokter
Saya mau nanya kok akhir akhir ini apapun yg saya makan kok berasa gatal di mulut dan lidah sy ya?

Say Thanks
4 weeks 6 days ago
in partnership with