Profile
Kesehatan Wanita

apakah kegunaan obat lutenyl dok?

apakah kegunaan obat lutenyl dok?
Lampung

pagi dok.. saya wanita 25 tahun dan sudah menikah. saya mempunyai siklus menstruasi yg tidak teratur.. bln ini saya menstruasi 15 hari dan oleh dokter diberikan obat lutenyl...saya juga sdh usg dan di rahim saya tidak ada apa2..hanya saja hormon saya yang tidak seimbang. setelah minum lutenyl haid saya pun berhenti..yang ingin saya tanyakan apa manfaat lutenyl untuk kondisi saya yg seperti ini?dan yang kedua, bisakah saya hamil dan jika terjadi kehamilan apakah tidak berbahaya mengingat saya berhenti haid akibat dr obat lutenyl tsb.. mohon dijawab dokter.. trimakasih.

Answers

3 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Lutenyl adalah turunan Progesteron, dimana sifat progesteron adalah menipiskan endometrium. Tidak ada masalah ibu minum obat tsb, yang perlu ibu ketahui adalah efek withdrawal bleeding, artinya setelah ibu selesai minum obat tsb, akan timbul mens lagi, ini normal. Sebaiknya pada saat mens lg, ibu diatur haidnya dg minum obat

  • trimakasih dr didi..lantas bisakah saya hamil jika mensnya brenti?obat yg saya minum untuk mengatur haid lutenyl lg dok?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,


    Tanda gejala awal kehamilan:

    Terlambat datang bulan
    Sering buang air kecil
    Dada yang membesar dan terasa kencang
    “Morning sickness” atau mual di pagi hari, mual yang bisa muncul kapan saja dalam satu hari,
    Perubahan warna kulit: areola (area sekitar puting Anda) yang menggelap, warna urat nadi yang menjadi lebih nyata di daerah dada, munculnya garis hitam dari pusar sampai tulang pubis Anda
    Mengidam
    Merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu

    Semua kondisi di atas, sayangnya, tidak selalu merujuk kepada tanda-tanda kehamilan, melainkan juga dapat menjadi tanda adanya penyakit. namun untuk memastikan bahwa anda positif hamil atau tidak sebaiknya anda melakukan test pack. karena keakuratan tes kehamilan terutama dengan test pack bisa mencapai 99% jika dilakukan kira2 7-12 hari setelah berhubungan intim pada masa subur. Dan hasil ini dipengaruhi oleh kadar HCG dalam urin.

    Untuk lebih memastikan, anda bisa melakukan pengecekkan kadar hcg dalam darah pada dokter kandungan atau laboratorium, namun tanda pasti kehamilan hanya dapat dipastikan jika sudah terlihat kantung kehamilan dan janin.

    Kehamilan terjadi apabila sel telur (ovum) yang telah matang dibuahi oleh sel sperma dan hal tersebut hanya mungkin terjadi melalui penetrasi seksual. Mungkin saja yang anda alami merupakan suatu tanda premenstrual syndrome/PMS. Pada dasarnya, baik pada menstruasi ataupun kehamilan sama-sama terjadi peningkatan hormon terutama estrogen dan progesteron. Jadi tidak heran jika kedua kondisi tersebut memiliki tanda yang hampir serupa.

    Tanda pasti yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah hasil yang positif (+) pada test pack saat terjadi kehamilan serta terdapat gambaran janin pada pemeriksaan USG.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Kista payudara diawali benjolan. Berbahayakah? Kista Payudara, Penyebab dan Gejalanya Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan