Apakah kehamilan 6 minggu 4 hari gugur dengan keluar darah segar seperti darah menstruasi?
on 29 Aug 2012

Hallo dokter, hari sabtu lalu saya mengalami pendarahan seperti darah menstruasi, lalu diawali dari perut bagian kiri (kira2 lokasi usus besar) agak sakit dan banyak mengeluarkan gas buang angin, lalu setelah itu berlanjut rasa sakit ke perut bagian bawah, hal ini berlangsung saat keluarnya darah lalu juga rasa sakit di bawah perut tsb, pada hari Minggu pagi rasa sakit bagian perut bawah sudah hilang sedikit-sedikit, tapi darah merah masih terus berlangsung keluar saat saya buang air kecil atau besar. Tapi tidak di iringin dengan keluar nya gumpalan darah beku seperti jika saat kehamilan yang gugur. Lalu saya datang ke Emergency post dokter di rumah sakit terdekat dan dokter umum yang memeriksa saya tidak dapat memastikan apakah saya keguguran atau tidak, tapi dokter umum tsb telah memasukkan jari tangannya untuk melihat kondisi rahim saya dan katanya rahim saya tertutup sih. Hari Minggu siang nya saya ke bidan lalu ibu bidan melakukan echo (USG bagi dari luar ataupun melalui vaginal saya), dan menurut ibu bidan bahwa tidak diketahui tanda2 kehamilan, ia berkata apakah kehamilannya telah gugur bersamaa-an dengan keluar nya darah segar atau tidak maka ibu bidan tidak melihat adanya lingkar kehamilan di dalam rahim saya. Saya hanya mengkonsumsi Folium Acid dan vit B12 saja sejak sebelum hamil sampai hamil. Dan tahun lalu 2011 saya pernah mengalami keguguran dengan fetus yang tidak berkembang, saat itu kehamilan saja sudah 9 minggu tapi kondisi fetus masih berukuran antara 6 dan 7 minggu.

Kehamilan saya yang saat ini tidak ditandai dengan rasa keras nya kedua payudara saya, hanya kedua puting saya saat bangun tidur pagi saja agak mengencang dan agak sakit jika tersentuh tapi setelah beberapa jam kemudian sudah tidak sakit lagi.. tapi setelah keluar nya darah sabtu, minggu hingga selasa (25 s/d 28 augustus 2012) tsb maka puting payudara saya tidak mengeras lagi,.

Tapi kadang2 masih ada sedikit rasa mual2 sih kalau agak telaat makan.

Apakah saya ini masih hamil atau tidak yah dok??

Seseorang
Netherlands

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, untuk tahu pasti, saran saya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan (Sp.OG) guna dilakukan pemeriksaan USG kembali. Baiknya, USG dilakukan oleh dokter spesialis dan bukan oleh bidan karena bidan biasanya tidak berkompetensi melakukan hal ini

Say Thanks
on 29 Aug 2012
Netherlands

Hallo Doket Alan Goni, terima kasih saran nya.. tapi tahukah dokter.. proses birokrasi di Belanda ini sangat menyebalkan..saya tidak bisa langsung datang kepada dokter Sp.OG di sini jika saya tidak datang dulu kepada bidan, mau ke bidan pun di sini harus ke dokter umum dulu.. karena fasilitas di dokter umum tidak ada alat USG, kalau di bidan di sini ada fasilitas USG. Karena kejadian miskraam (keguguran sudah 1x) dan hasil USG transvaginal kemarin minggu 26 augustus lalu tidak ada ring kehamilan, maka baru kalau sudah kejadian spt terjadi pada pasien maka bidan memberikan surat penerusan kpd Sp OG di sini.. sedih yah.. di sini.. dokter.. !!

Say Thanks
on 29 Aug 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Sebaiknya ibu dilakukan USG Vaginal dg benar oleh dokter kandungan. Bila masih terdapat kantong kehamilan, maka kemungkinan hamilnya masih bisa dipertahankan. Tetapi bila tdk didapatkan kantung kehamilan, maka kemungkinan besar ibu mengalami keguguran/Abortus komplet. Ibu jg bisa mendeteksi dari pemeriksaan Lab BHcG kuantitatif, bila dilakukan pemeriksaan serial selang 2 hari, nilainya meningkat 2x atau lebih, maka kehamilan ibu msh berlanjut

Say Thanks
on 29 Aug 2012
in partnership with