apakah keputihan mempengaruhi kehamilan seseorang?
on 12 Mar 2013

dok,saya berusia 25 tahun.kadang saat saya kecapekan,saya mengalami keputihan kadang hanya bercak putih tetapi kadang pula seperti gumpalan putih dan berbau.selain itu,jika setelah berhubungan intim dengan suami,jika saya sudah sangat terangsang,gumpalan putih itu juga keluar tetapi tidak berbau.yang ingin saya tanyakan:
1.apakah nantinya akan berpengaruh pada program perencanaan kehamilan saya?meskipun usia pernikahan saya baru 1 bulan,saya ingin sekali bisa hamil
2.adakah obat untuk mengobatinya?karena jika saya memakai celana jeans pun,juga mengalami keputihan.
3.apakah sering menggunakan sabun kewanitaan,juga mempengaruhi hal itu?

mohon bantuannya ya Dok,bagaimana untuk mengatasinya.terima kasih atas waktunya dok.Selamat Siang

Seseorang
ponorogo

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear patient,

1. Selama siklus haid anda lancar dan teratur dan tidak ada gangguan kesuburan yang lain, maka keputihan jenis seperti yang anda ceritakan masih fisiologis (normal), tidak ada masalah.

2. Bila terlalu sering terjadi dan terasa mengganggu, maka silakan diperiksakan ke dokter. Cara pengobatan kondisi ini adalah dengan pemberian antibiotik yang sesuai dengan hasil pemeriksaan oleh dokter.

3. Ya, hal itu bisa mempengaruhi. Pemakaian hendaknya tidak terlalu sering. Cukup 2-3 kali per minggu saja.

Terima kasih

1 Thanks
on 12 Mar 2013
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Keputihan bila itu bersifat infeksi maka bisa menyebabkan gangguan kesuburan jg. Jd bila keputihan sdh berubah warna kuning-kehijauan atau berbau dan gatal sebaiknya segera diobati. Pemakaian sabun pembilas vagina sebaiknya jangan terlalu sering, cukup 2x seminggu saja

Say Thanks
on 12 Mar 2013
ponorogo

dok,saya mau tanya obat profertil,folavit,eturol apakah bagus juga untuk perencanaan kehamilan?jika tanpa resep dokter,apakah obat tersebut dijual bebas di apotek?

terima kasih,,,

Say Thanks
on 13 Mar 2013
in partnership with