Profile
Hamil

apakah Obat bisa mempengaruhi siklus Haid?

apakah Obat bisa mempengaruhi siklus Haid?
Sukabumi

Selamat Pagi dok, sy rin.. Usia 23 tahun, blm menikah.. Sy mau bertanya, menstruasi sy biasa setiap bulannx tgL 26, †ªЇ smpai dg tgL 4 sekarag sy blm jg haid, pdhal sy setiap bulannx rutin sllu teratur. Sblm tgl 26 mmg sy slama 2 minggu smpet mengkonsumsi obat Dexamethason, u/ Alergi dibadan sy, penggunaan 2-3x sehari, tp tdk smpe stiap hari sy mnum, apakah yg menyebabkan sy telat datang bulan 1. Pengaruh obat Tersebut? 2. Faktor pikiran 3. Faktor Lain Dan apa bisa membahayakan bagi Rahim.. Trimksh

Answers

3 answers

  • - Ada dexamethasone dengan merk tertentu menuliskan efek sampingnya yaitu gangguan haid tetapi secara general tidak dituliskan bahwa dexamethasone menyembabkan gangguan haid
    - Perlu anda ketahui bahwa gangguan siklus haid bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : berat badan (terlalu gemuk atau terlalu kurus), ketidakseimbangan hormonal, makanan, faktor stress.
    - Saran saya coba sebisa mungkin dihentikan dahulu penggunaan dexamethasone-nya, kemudian dilihat sampai 3 hari ke depan, jika masih belum haid saya sarankan anda konsulltasi ke dokter kandungan agar dapat diketahui penyebabnya.

    Terima kasih

  • Baik terimakasih dok..

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur biasanya karena:

    Stres
    Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

    Sakit
    Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

    berikut artikel yang berhubungan dengan keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/alasan-absen-haid

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Aktivitas Fisik 1,5 Jam Sehari Bisa Cegah Penyakit Kronis Aktivitas Fisik 1,5 Jam Sehari Bisa Cegah Penyakit Kronis Kaki Tetap Sehat Dengan Sepatu Hak Tinggi Kaki Tetap Sehat Dengan Sepatu Hak Tinggi