Profile
Kesehatan Wanita

apakah perlu menggunakan sabun sirih atau sebagainya untuk daerah kewanitaan?

apakah perlu menggunakan sabun sirih atau sebagainya untuk daerah kewanitaan?
Seseorang
Solo

selamat malam dokter, saya wanita berumur 19 thn dan belum menikah saya mau bertanya apakah sebenarnya perlu menggunakan sabun sirih untuk daerah kewanitaan? lalu apakah penggunaan sabun sirih dan sebagainya itu ada dampak negatifny? mengingat sabun2 sirih yang dijual dipasaran itu mengandung bahan kimia

Answers

3 answers

  • Halo, selamat malam.

    Sebenarnya area intim Anda sudah memiliki perlindungan sendiri. Terdapat kuman (bakteri) baik yang menjaga kondisi lingkungan intim Anda sebagaimana mestinya. Secara umum, saya tidak menyarankan pemakaian sabun tersebut karena apabila sering memakai alat pembersih itu, ada kemungkinan mengganggu kondisi kuman baik di area intim Anda dan dapat memicu infeksi lain, misalnya oleh jamur. Asal kebersihan dijaga, misalnya mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh alat kelamin, lalu apabila membilas alat kelamin dari arah depan ke belakang, biasanya keluhan tidak akan timbul.

    Mengenai kandungan daun sirih, perlu ada kajian lebih lanjut lagi. Selama ini daun sirih dipercaya memiliki banyak efek kesehatan, misalnya antiseptik.

    Demikian dan semoga bermanfaat.

  • selamat malam,

    menyambung jawaban dari dr Alan sebelumnya, seperti yang dikatakan bahwa keadaan vagina wanita telah memiliki perlindungan tersendiri selain PH yang bersifat asam, yaitu beberapa flora normal (bakteri) yang memang berada di daerah kewanitaan yang membantu mencegah masuknya bakteri lain ke dalam vagina. jika keadaan ini terganggu, maka daerah kewanitaan akan mudah terkena infeksi.
    meskipun demikian, menjaga kebersihan organ intim tetap diperlukan. kandungan sirih dikenal mengandung beberapa antibakteri yang berguna untuk mencegah infeksi, hanya saja tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari. sabun sirih direkomendasikan digunakan pada saat keputihan yang mengganggu, saat menstruasi serta tidak terdapatnya luka pada vagina.
    jadi jika ingin menggunakan sabun sirih, silahkan saja. kami para dokter lebih merekomendasikan untuk membasuh vagina dengan air bersih dan menjaga agar jangan terlalu lembab. untuk kandungan dalam sabun sirih, anda benar harus melihat kandungan lainnya dalam sabun tersebut, pilihlah sabun yang hanya berbahan alami tanpa bahan aktif tambahan lainnya.

    semoga membantu,

    salam,
    dr Yunisa

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

    Sabun sirih secara klinis mempunyai efek antiseptik, jadi boleh2 saja dipakai. Cuma saran pemakaiannya cukup 2 kali seminggu, jangan terlalu sering, karena akan mematikan flora normal vagina, sehingga akan menyebabkan banyak keputihan.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Rokok elektrik atau e-cigarette dikembangkan di Tiongkok dan diperkenalkan mulai tahun 2004. Bentuk dan ukuran rokok elektrik beragam Inilah Efek Samping Rokok Elektrik Banyak wanita mendambakan kulit putih bersih dan cerah. Berikut cara memutihkan kulit secara alami. Cara Memutihkan Kulit Secara Alami