Profile
Amenorrhea

apakah saya hamil,setelah telat haid 9 hari?

apakah saya hamil,setelah telat haid 9 hari?
Helon, Kachin, Myanmar (Burma)

dok,saya telat 9 hari tapi saya TP hasilnya negativ, dan saya gak biasanya telat dok,,,, siklus saya terbilang teratur,, sampe hari ini gak ada tanda2 haid ataupun hamil,,, saya harus bagaimana dok,,,

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Karena hasil test packnya masih negatif, maka memang saat ini dapat dipastikan bahwa anda belum hamil.

    Bila sering terjadi berulang seperti ini (lebih dari 3 kali dalam 6 bulan terakhir), maka itu tandanya terjadi gangguan siklus haid, hal ini sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan agar dapat diberikan pengobatan yang tepat.

    Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

    Terima kasih.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Observasi saja, bila 2 minggu lg blm mens, bisa ditest hamil lagi. Bila msh negatif periksa ke dokter

  • jadi saya harus nunggu sampek 2 mnggu baru TP lagi, setelah 2 mnggu hasilnya tetap negatif saya harus periksakan ke dokter kandungan?

  • Selamat siang

    Siklus menstruasi normal pada wanita rata-rata setiap 28 hari, meskipun ini dapat bervariasi. Di mana siklus yang terjadi setiap 24 hingga 35 hari masih dianggap sebagai siklus yang normal. Lamanya setiap periode menstruasi normalnya dua sampai tujuh hari.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab keterlambatan haid:

    Kehamilan
    Ini adalah hal pertama yang kita curigai ketika wanita telat haid, cara mengetahui apakah ada kemungkinan hamil atau tidak sangatlah mudah, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan tes kehamilan berupa tes pack yang banyak tersedia di pasaran.

    Stres
    Pada wanita yang stress atau memiliki beban pikiran yang berat, itu dapat mempengaruhi siklus menstruasi termasuk telat haid.

    Masalah Berat Badan
    Jika tiba-tiba Anda kehilangan banyak berat badan baik melalui diet ketat ataupun masalah lainnya seperti anoreksia nervosa, maka ini dapat membuat menstruasi tak teratur bisa telat haid, bisa juga menjadi lebih sering.

    Masalah Hormon Tiroid
    Gangguan pada kelenjar tiroid akan mempengaruhi siklus menstruasi. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon dan triiodothyronine. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon ini dalam jumlah yang tepat untuk fungsi tubuh yang tepat. Kurangnya hormon menyebabkan banyak masalah lain termasuk terlambat haid. Gejala seperti keterlambatan menstruasi, perubahan frekuensi dan aliran menstruasi dan tidak adanya menstruasi semua bisa karena masalah tiroid.

    Polycystic Ovarian Syndrome
    Hormon reproduksi yang tidak seimbang dapat menunda menstruasi salah satu penyebabnya adalah sindrom ovarium polikistik. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik tidak melepaskan telur matang dari ovarium. Telur ini membentuk kista kecil di ovarium. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kemandulan, tapi kabar baiknya penyakit ini dapat diobati.

    Kontrasepsi Hormonal
    Kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, pil KB, dan susuk dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh. Penyebab telat haid tersering adalah KB Suntik 3 bulan atau yang mengandung Depo-Provera.

    Mengingat hasil test pack negatif, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya USG sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Amenorrhea ?
Ask Doctor

Popular Article

Vagina kering adalah kondisi yang dialami wanita sebelum dan sesudah menopause. Istilah lain kondisi ini adalah vaginal atrophy,… Susah Bercinta karena Vagina Kering? Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui